Misteri Candi Jiwa, Perenggut Nyawa Hewan-hewan Ternak

3:36 PM
Jumat, 30 Desember 2016, Pagi itu merupakan pagi yang sedikit mendung, dua orang pemuda berjalan disebuah pematang sawah yang terbuat dari beton sepanjang areal pesawahan, dengan lebar sekitar kurang lebih satu meter, jalanan yang berbeton itu saling menghubungkan satu sama lainnya. Hingga terlihatlah dari kejauhan sebuah gundukan batu bata, mereka mendekatinya, itulah candi yang terbuat dari batu bata (tanah liat yang dibakar) dengan posisi tanah lebih rendah dari areal sawah sekitarnya. Candi ini bernama candi Jiwa. Candi yang terletak di Karawang Jawa Barat ini, diduga peninggalan Kerajaan Taruma Negara.

Candi Jiwa
Candi Jiwa, Karawang, Indonesia


Suasana sekitar Candi Jiwa  sangat sepi, tidak ada sorangpun yang ada disekitar Candi, bahkan penjaga Candi sekalipun. Kedua pemuda itu adalah Saya dan Roy. Ini pengalaman pertama saya berkunjung ke Candi Jiwa. Kesan pertama saya saat mengunjungi Candi ini adalah merasa kagum dengan nama Candi Jiwa, sekilas seperti sebuah tempat merenung. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Candi Jiwa awal mulanya adalah sebuah gundukan tanah yang cukup tinggi, gundukan ini disebut Unur oleh masyarakat sekitar. 

Misteri Candi Jiwa, Perenggut Nyawa Hewan-hewan Ternak
Jalanan Menuju Candi Jiwa


Candi Jiwa memiliki daya magis yang cukup tinggi, terasa sekali ketika pagi itu saya dan Roy berjalan mengitari bangunan Candi Jiwa, Roy berjalan sambil bercerita mengenai Candi Jiwa terutama tentang misteri matinya ternak-ternak (kambing) yang digembalakan diatas Candi Jiwa ini, Roy mengaku tiba-tiba merasa merinding saat menceritakan matinya kambing-kambing ini. Roy bukanlah seorang guide Candi Jiwa, namun tempat tinggalnya tidak jauh dari Candi yang konon merupakan Candi tertua di tanah Jawa, bahkan lebih tua dari Candi Brorobudur.  Menurut cerita yang beredar, terjadi banjir di sekitar Batujaya, masyarakat menyelamatkan hewan ternaknya dengan menggiringnya ke gundukan tersebut, namun setiap hari selalu ada saja hewan yang mati diatasnya. Semenjak itu masyarakat menyebutnya dengan sebutan Batu Jiwa, karena selalu merenggut nyawa hewan-hewan ternak yang digembalakan diatas Candi ini. Terlitas rasa penasaran saya ingin mencoba membawa hewan ternak ke atas Candi Jiwa ini.hehe.. 

Lokasi Candi Jiwa
Candi Jiwa dipagari pagar besi

Sejarah Candi Blandongan
Tekstur Candi Jiwa
No picture is hoax
Guide Candi Jiwa
Roy Guide Palsu Candi Jiwa (Akamsi) hehe

Di dekat Candi Jiwa, terdapat juga Candi Blandongan yang sedang dalam proses pemugaran. Candi Blandongan memiliki bentuk yang lebih indah setelah beberapa kali di pugar. Awalnya hanya seperti tumpukan batu bata yang tersusun cukup rapi (terlihat foto dokumentasi disekitar Candi Blandongan). 

Candi Blandongan
Candi Blandongan


Candi blandongan adalah bangunan purbakala yang cukup lengkap dalam menyimpan berbagai situs purbakala. Teknologi dan arsitekturalnya lebih rumit dari bagunan Candi atau situs lainnya. Terdapat pintu masuk dengan memiliki delapan anak tangga. 
(sumber: inilah.com)

Candi Blandongan Karawang
Terdapat 9 anak tangga di Candi Blandongan

Saya dan Roy mengitari Candi Blandongan, Candi yang memiliki bangunan yang lebih luas dibandingkan dengan Candi Jiwa ini, sedang dilakukan proses pemugaran lanjutan. Terlihat tulisan larangan untuk turun mendekat ke Candi, saya hanya dapat mendokumentasikannya dari kejauhan saja.






Selain itu terdapat beberapa peninggalan disekitar bangunan Candi Jiwa dan Candi Blandongan. entah apa namanya, diduga akan ditemukan penemuan-penemuan lebih banyak lagi jika terus dilakukan penelitian di daerah yang penuh peninggalan purbakala ini.






Previous
Next Post »

11 comments

  1. wahhh jadi penasaran pengen ke candi jiwa ini, gak terlalu jauh juga dari Jakarta ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa jadi one day trip weekend dari jakarta. Sebenerny masih banya situs lain, hehe

      Delete
  2. Candi Jiwa ini dulunya tempat ibadah agama Hindukah? kenapa ada seserahan hewannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan tempat ibadah hindu Mbak tapi Tempat Ibadah Budha.
      Hewan seserahan? gak ada hewan seserahan disini, yang ada juga hewan yang di selamatkan dari banjir lalu dinaikan di gundukan (Candi Jiwa) ini, eh makin hari ada saja ternak yang mati.

      Kalo menurut info yangs saya baca justru ditemukan tulang belulang manusia malahan :s ada dugaan tempat ini dipakai untuk seserahan semacam tumbal atau mungkin juga semacam makam manusia.

      Delete
  3. Baru tahu di Karawang ada Candi, waaah, ternyata ya, budaya kita sangat kaya

    ReplyDelete
  4. Wuihhh baru denger tentang candi jiwa ini

    ReplyDelete
  5. Ada Candi di karawang... Baru tau.. Candi blangandon bentuknya unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuk candi blandongan emang lebih bagus sih menurutku juga dibanding candi jiwa. Tapi berasa lebih sakral candi jiwa. Namanya juga serem "jiwa" hehe

      Delete
  6. Ternyata di Karawag ada candi yang bahkan usianya lebih tua dar Borobudur. Sayangnya kurang terekspose, ya. Saya penasaran dengan sejarah kenapa candi ini dibangun

    ReplyDelete

Halo, Terima kasih sudah membaca blog ini. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.
Semua pesan yang anda kirim tidak akan langsung muncul karena akan kami filter terlebih dahulu untuk menghindari adanya spam :)

Popular