Inilah 10 Wisata Danau Terbaik di Indonesia dengan Pemandangan yang Menakjubkan

10:24 AM

Wisata danau terbaik di Indonesia tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Keindahan beberapa danau yang ada di Indonesia memang cukup menyita perhatian banyak wisatawan. Kondisi alam Indonesia memang memungkinkan untuk adanya wisata danau terbaik, yang wajib untuk dikunjungi dan didatangi. Bentang alam yang eksotis plus cuaca yang mendukung, membuat danau buatan atau alami bisa tampak indah di Indonesia ini. 

Wisata danau terbaik di Indonesia itu tak hanya satu atau dua saja jumlahnya. Ada puluhan danau cantik yang tersebar di seluruh kepulauan di Indonesia. Hampir setiap wilayah di Indonesia, kita bisa menjumpai danau baik yang alami atau buatan. Meski tak semua danau tersebut memiliki pemandangan yang indah, namun dipastikan bahwa lebih banyak danau yang menjanjikan kepada Anda, pemandangan alam yang indah dan juga ketenangan bagi mereka yang mengunjunginya.



10 Wisata Danau Terbaik di Indonesia


Jika dilihat dari proses terjadinya, danau dibedakan menjadi beberapa tipe. Ada danau tektonik, danau vulkanik, danau krast, glasial dan lain sebagainya. Danau pun ada yang alami dan juga buatan. Di Indonesia sendiri baik danau alami dan buatan, sebenarnya tak pernah lepas dari kunjungan wisatawan. Namun tentu saja wisatawan lebih memilih untuk mengunjungi danau alami karena diklaim lebih indah, lebih nyaman dan juga menjanjikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Sebenarnya, wisata danau terbaik di Indonesia, tak hanya didominasi oleh danau alami yang diciptakan oleh alam saja. Banyak danau buatan yang sebenarnya indah, namun kurang mendapat perhatian dari wisatawan. Namun jika Anda ingin mengunjungi wisata danau terbaik di Indonesia, berikut ini kami referensikan 10 tempat ini mungkin patut untuk diperhitungkan, Wisata danau terbaik di Indonesia ini merupakan rekomendasi dari kami:



1. Danau Singkarak. 


Danau Singkarak - Padang Panjang & Solok


Terletak diantara kota Padang Panjang dan Solok, danau Singkarak menjadi salah satu objek wisata danau yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Popularitas Danau Singkarak tak kalah dengan danau Toba, karena sama-sama memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan, hal ini bisa memanjakan mata para pengunjungnya. Memiliki luas area keseluruhan 107.8 km², Danau Singkarak menjadi salah satu objek wisata yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Anda bisa menikmati birunya air danau Singkarak yang terkenal bersih dan masih alami. Selain itu, danau ini juga dikenal dengan ikan bilihnya yang rasanya lezat. Dan Anda pun bisa menikmati kuliner ini saat berkunjung ke Danau Singkarak.


2. Danau Bratan. 


Danau Bratan - Bali - Indonesia
Danau Bratan - Bali - Indonesia


Jika berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk menyempatkan diri melihat keindahan dan eksotisme danau Bratan ini. Bagi sebagian wisatawan, Danau Bratan mungkin tak sepopuler pantai Kuta atau tempat wisata lain yang ada di Bali. Namun Danau ini memiliki bentang alam yang sangat indah dan juga alami. Terletak di Kabupaten Tabanan Bali, tepatnya di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, danau Bratan ini terbilang istimewa. Pasalnya danau ini terletak tepat disebelah Kebun Raya Eka Karya, sehingga relatif mudah dijangkau dan juga akomodasinya pun sangat memadai. Keunikan danau Bratan ini adalah danau ini merupakan danau yang menjadi objek foto atau gambar di uang Rp.50.000. Danau Bratan menjadi salah satu tempat wisata danau terbaik di Indonesia yang wajib anda kunjungi. 


3. Danau Toba. 


Wisata Danau Toba - Medan - Sumatera Utara
Danau Toba - Sumatera Utara


Mungkin, danau Toba adalah wisata danau terbaik di Indonesia yang paling terkenal hingga ke seluruh dunia. Danau Toba bukan hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan juga tebilang masih asri. Namun danau seluas 30Km ini juga dikenal sebagai danau yang terletak tepat ditengah gunung api yang pasif, namun terbesar di dunia. Danau berjenis Tekto-Vulkanik ini jadi salah satu ikon wisata populer di provinsi Sumatera Utara. Tak lengkap rasanya jika datang ke sana tanpa menikmati keindahan Danu Toba ini. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar danau Toba ini. Meski begitu, kini mulai muncul permasalahan mengenai kebersihan Danau Toba yang kerap dikeluhkan oleh sebagian wisatawan.


4. Danau Segara Anak. 


Danau Segara Anak - Lombok
Danau Segara Anak - Lombok


Terletak di desa Sembalun Lawang, pulau Lombok, NTB, Danau Segara Anak adalah anugerah tak terhingga untuk masyarakat sekitar, selain pesona Gunung Rinjani yang megah itu. Danau dengan luas mencapai 4.363 mi² ini memiliki air yang berwarna biru, sehingga sangat mirip dengan segara atau lautan. Keindahan Danau Segara Anak ini bahkan diabadikan dalam pecahan mata uang Rp.10.000, yang pernah dikeluakan pemerintah pada tahun 1998 yang lalu. Danau Segara Anak ini punya pemandangan alam yang indah plus masih asri dan alami. Pengunjung banyak yang datang ke Segara Anak, untuk menikmati sunset dan sunrise menajubkan di tempat ini.


5. Danau Ratu Kumbolo.


Gunung Semeru - Malang
Danau Ranu Kumbolo - Gunung Semeru


 Lumajang tak hanya punya gunung-gunung yang megah dan agung. Disana tersimpan pula salah satu wisata danau terbaik di Indonesia yakni Danau Ratu Kumbolo. Berlokasi tepatnya di taman nasional Bromo Tengger Semeru, Danau Ratu Kumbolo dikenal dengan airnya yang sangat bening dan bersih, sehingga kerap dimanfaatkan oleh para pendaki dan pencinta alam. Pengunjung yang datang ke sini dilarang untuk berenang, atau membersihkan diri dengan sabun dan shampoo. Ini dilakukan untuk menjaga kelestarian dan kealamian danau ini.


6. Danau Poso. 
Danau Poso - Sulawesi Tengah
Danau Poso - Sulawesi Tengah



Danau yang terletak di Sulawesi Tengah ini dikenal sebagai danau ketiga terdalam di Indonesia. Meski begitu, Danau Poso juga punya pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Selain itu, danau Poso juga dikenal sebagai habitat hewan air langka belut Anguilla marmorata, yang rutih hilir mudik bermigrasi dari danau ke lautan. Selain itu, danau ini juga punya pasir yang putih dan juga pesona bentang alam yang alami.


7. Danau Maninjau. 


Danau Maninjau - Bukit Tinggi
Danau Maninjau - Bukit Tinggi


Padang, terutama Bukit Tinggi memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah Danau Maninjau ini. Danau caldera dengan luas 38.42 mi² ini menjadi salah satu wisata danau terbaik di Indonesia, yang selalu sukses mendulang wisatawan datang berkunjung. Selain itu, danau Maninjau dikenal  memiliki hamparan alam yang tenang, dan juga masih dikelilingi oleh ekosistem yang sangat alami.


8. Danau Sentani.


Danau Sentani Papua Irian Jaya
Danau Sentani - Papua


Di Papua sana, danau Sentani yang indah dan alami ini berada. Danau indah yang terletak 20Km dari Kota Jayapura ini, dikenal sebagai danau tropis dangkal bergelombang pendek. Memiliki luas 40.15 mi², danau Sentani ini seperti pemandangan alam yang dipahat langsung oleh tangan Tuhan yang Agung. Danaunya jernih dan indah, serta masih dikelilingi oleh perbukitan hijaun yang alami.


9. Danau Paniai. 


Danau Pinai
Danau Pinai


Selain danau Sentani, Papua juga punya danau Paniai yang tak kalah indah dan menakjubkanya. Danau yang dulu dikenal sebagai Danau Wissel ini memiliki luas 59.46 mi², dan terletak di distrik Paniai, Papua Barat. Danau Pania adalah gabungan tiga sumber mata air tawar besar nan indah yakni Paniai, Tigi dan Tage. Selain indah, danau ini juga sumber ikan air tawar dan udang selingkuh yang cukup besar.


10. Danau Labuan Cermin. 


Danau Indah Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin - Kalimantan Timur


Dari namanya, Anda tentu tahu danau yang terletak di Kalimantan Timur, tepatnya di desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, ini memiliki air sebening kaca. Memang tak salah danau ini dinamai Labuan Cermin karena airnya yang berwarna kebiruan itu sangat bening dan juga jernih. Saking beningnya, kita bisa melihat dasar dari danau ini saat sedang menikmati pemandangan alamnya yang indah dan menakjubkan itu.


Itulah 10 tempat wisata danau terbaik di Indonesia yang kami rekomendasikan untuk anda. semoga bisa menginspirasi anda. Pulang lebih pagi, Main lebih Jauh. Semoga bermanfaat.



Previous
Next Post »

5 comments

  1. aku paling suka kalo wisata di indo itu ngeliat danau dan air terjun :D.. mungkin krn tempat2 itu cendrung lbh sejuk yaaa.. ga kayak pantai yg panas.. tp malu nih, danau2 di atas baru danau toba ama maninjau doang yg udh aku datangin -__-..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku suka danau, pantai, dan gunung mbak :D

      Delete
  2. di Jogja g ada danau si tapi ada waduk yang segede danau, g percaya cek aja di google

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Inilah 10 Wisata Danau Terbaik di Indonesia dengan Pemandangan yang Menakjubkan".
    Indonesia memang mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    ReplyDelete

Halo, Terima kasih sudah membaca blog ini. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.
Semua pesan yang anda kirim tidak akan langsung muncul karena akan kami filter terlebih dahulu untuk menghindari adanya spam :)

Popular