10 Tempat Wisata Di Belitung Paling Seru untuk Dikunjungi

10:29 PM

Indonesia memang kaya akan keeksotisan alamnya, baik yang berada di daratan maupun di lautan. Salah satu pulau kecil yang menyimpan keindahan dan kekayaan alam adalah pulau Belitung. Tempat wisata di Belitung diperuntukkan khususnya bagi mereka yang menyukai dan mengagumi suasana alam laut dan pantai. Nama Belitung, sebelumnya sangat jarang disebut sebagai daerah kunjungan wisata. Namun, semenjak keindahannya diekspos dalam salah satu film nasional berjudul Laskar Pelangi, namanya kini makin mencuat, menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia. Belitung merupakan salah satu pulau dari sekian jumlah pulau yang tergabung dalam propinsi Kepulauan Bangka – Belitung.

Berikut ini ulasan mengenai tempat wisata di Belitung yang sayang untuk dilewatkan ketika Anda berkunjung di Kepulauan Bangka – Belitung:



1. Bukit Berahu

Bukit Berahu - Belitung
Bukit Berahu - Belitung




Sebutan bukit Berahu diberikan ditujukan pada sebuah bukit kecil yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan laut yang berwarna biru dan jernih dari atas bukit tersebut. Di tempat ini terdapat restoran sebagai salah satu fasilitas yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati suasana alam sambil didampingi dengan bersantap hidangan. Tempat wisata di Belitung ini memperlihatkan pemandangan di pinggir pantai dengan adanya perahu-perahu nelayan setempat yang ditambatkan oleh pemiliknya saat pagi hari. Suasana malam juga akan memberikan kesan yang berbeda dengan adanya pemandangan perahu-perahu nelayan yang sedang melaut dengan ditemani lampu-lampu yang tampak sebagai titik kejauhan yang terlihat dari Bukit Berahu ini. Bukit Berahu ini lokasinya cukup dekat dengan pantai Tanjung Tinggi.



2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi - belitung
Pantai Tanjung Tinggi


Bagi yang sudah menyaksikan film Laskar pelangi, pasti sudah tidak asing dengan Pantai Tanjung Tinggi. Pantai indah ini digunakan sebagai salah satu spot lokasi syuting dari film yang diambil dari novel karya Andrea Hirata. Lokasi Pantai Tanjung Tinggi ini terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Tempat wisata di Belitung ini berupa pantai indah dengan karakteristik hamparan pasir putih, air laut jernih, dan batu granit ukuran besar. Deburan ombak yang ada dibibir pantai Tanjung Tinggi relatif tenang sehingga bagi yang ingin berenang tak perlu khawatir terseret ombak. Bagi yang ingin berwisata kuliner sambil mengisi perut yang lapar bisa bersantap hidangan seafood di warung-warung yang berjajar di tepi pantai.



3. Air Terjun Gurok Beraye

air terjun Gurok Beraye - belitung
Gurok Beraye


Tempat wisata di Belitung juga memiliki objek kunjungan berupa air terjun, yaitu dengan nama Gurok Beraye. Lokasinya berada di desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Tepatnya sekitar 32 km dari kota Tanjung Pandan. Air terjun yang ada disini memberikan pemandangan berupa air yang mengalir bebas ke bawah di antara sela-sela batu yang landai. Sumber airnya berasal dari pegunungan dan berada di atas Gunung Tajam. Wisatawan yang datang di lokasi air terjun memanfaatkannya dengan berfoto, bermain air, mandi, atau duduk-duduk di pinggiran aliran sungai.



4. Pulau Pasir


Wisata Pantai Pulau Pasir Menakjubkan
Pulau Pasir


Objek wisata ini bukan sebagai pulau yang sebenarnya. Namun Pulau Pasir hanya sebuah tumpukan daratan berupa pasir, yang terlihat saat air laut surut, sehingga tampak seperti pulau. Saat air laut pasang, daratan ini seluruhnya akan tenggelam di bawah permukaan air laut. Pulau ini tidak terlalu luas, hanya sebesar setengah lapangan sepak sepak bola. Pulau Pasir bisa disinggahi dengan menggunakan perahu nelayan. Pulau Pasir ini merupakan salah satu tujuan kunjungan wisata saat berkunjung ke pulau lain yang berada di sekitarnya, contohnya Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas dan lainnya.



5. Bendungan Pice

Wisata Pembangkit Listrik - Bendungan Pice
Bendungan Pice


Bendungan Pice Belitung Timur terletak dekat dengan lokasi replika SD Laskar Pelangi dan galeri Laskar Pelangi yang berada di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.
Bendungan Pice merupakan bangunan peninggalan Belanda, yang diarsiteki seorang warga negara Belanda bernama Sir Vance pada tahun 1934. Bendungan ini berdiri di atas hulu sungai Lenggang, memiliki panjang sekitar 50 meter yang berfungsi sebagai media keluarnya air yang berketinggian 10 meter.


Baca juga: 10 Wisata Danau Terbaik di Indonesia dengan Pemandangan yang Menakjubkan


6. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

replika Sd Muhammadiyah Laskar Pelangi - Bangka Belitung
Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi


Sejak ditayangkannya film Laskar Pelangi, nama belitung menajdi begitu sangat terkenal. Salah satu saksi bisu dalam pengambilan gambar dan adegan film adalah di gedung sekolah sebagai replika Sd Muhammadiyah Laskar Pelangi. Memang bukan layaknya gedung sekolah dasar (SD) dengan banguna tembok yang kuat. Replika bangunan SD ini terbuat dari kayu secara dominan. Lokasi replika SD ini berada di kecamatan Gantong, yang terletak di atas bukit pasir berdekatan dengan sebuah danau yang mempunyai dermaga. Kondisi bangunannya saat ini makin terlihat lapuk, memiliki banyak lubang pada dindingnya, dengan atap yang bocor.



7. Pulau Lengkuas

Keeksotikan dan keindahan pulau lengkuas bangka belitung
Pulau Lengkuas


Pilihan pulau sebagai tempat wisata di Belitung yang cukup terkenal adalah Pulau lengkuas, dengan ikonnya berupa mercusuar yang diperkirakan dibangun pada tahun 1882. Mercusuar ini berdiri terdiri 18 lantai. Terdapat kebijakan untuk mencegah rusaknya bangunan bersejarah tersebut agar tidak terkena air laut mengharuskan pengunjungnya mencuci tangan dengan air tawar terlebih dahulu. Wisatawan yang naik ke atas mercusuar dapat menikmati pemandangan Pulau Lengkuas dari ketinggian bangunan. Jika berkunjung ke Pulau Lengkuas, bisa ditempuh dengan menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Kelayang dan sebelumnya mampir dulu ke Pulau Pasir.



8. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang Luar biasa indahnya
Tanjung Kelayang


Pantai eksotis bernama Tanjung Kelayang ini berada di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Belitung. Tempat wisata di belitung yang satu ini menjadi favorit dengan tingkat kunjungan wisatawan yang cukup tinggi, sehingga menjadi andalan pariwisata di kabupaten Belitung. Tempat ini menjadi terkenal semenjak ditempati dalam even berjudul Sail Wakatobi Belitung tahun 2011. Di Pantai Tanjung Kelayang terdapat Wreck Indomarine (wisata bawah laut), tempat ini wajib disinggahi bagi pencinta diving untuk mendapatkan pengalaman untuk menyaksikan pemandangan bawah laut Belitung yang indah. Tempat ini merupakan salah satu situs arkeologi penting di pulau ini.



9. Danau Mempayak

Wisata Danau Mempayak
Danau Mempayak



Wisata Danau Mempayak merupakan danau terluas di Belitung Timur. Posisinya terletak di Desa Mempaya, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Obyek wisata alam ini berada di tepi jalan utama yang menghubungkan kota Kelapa Kampit dengan kota Manggar. Danau Mempayak merupakan danau buatan yang terjadi akibat penambangan timah. Meskipun bukan merupakan objek wisata yang terkenal namun tak ada salahnya mengunjungi Danau Mempayak, yang terletak di kaki Gunung Burung Mandi. Panorama alam bisa dinikmati dengan duduk-duduk menggunakan gazebo yang tersedia di tepi danau.



10. Pantai Punai

Pantai Pasir Putih - Punai - Belitung
Pantai Punai


Pantai berpasir putih, salah satunya dimiliki oleh pantai berjuluk Punai. Pantai ini terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur. Ciri khasnya selain pasirnya yang putih, adalah ombaknya yang tenang dan terdapatnya bebatuan granit yang tersebar di pinggir pantai dari ukuran yang besar hingga kecil. Air laut tampak biru jernih, sehingga terlihat alami dan bersih. Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur. Tak jauh dari pantai ini terdapat pulau kecil bernama Pulau Punai yang dahulu merupakan tempat singgah para burung punai. Ketika air surut, wisatawan dapat menuju pulau kecil ini.


Baca juga: 10 Wisata Danau Terbaik di Indonesia dengan Pemandangan yang Menakjubkan



Demikian beberapa referensi tempat wisata di Belitung yang paling seru untuk anda kunjungi. semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »

3 comments

  1. Waktu ke Belitung nggak sempat ke mana-mana :(

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai 10 Tempat Wisata Di Belitung Paling Seru untuk Dikunjungi
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete

Halo, Terima kasih sudah membaca blog ini. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.
Semua pesan yang anda kirim tidak akan langsung muncul karena akan kami filter terlebih dahulu untuk menghindari adanya spam :)

Popular