Sinopsis Film "Perahu Kertas" (2012)

6:56 PM Add Comment
Film ini mengisahkan dua sahabat bernama Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken) yang sama-sama berkuliah di Bandung. Kugy, perempuan, seorang penulis yang bercita-cita ingin menjadi penulis dongeng anak-anak. Keenan, laki-laki, seorang pelukis yang dipaksa untuk kuliah di Fakultas Ekonomi karena keinginan ayahnya. Keduanya saling mengagumi dan pada akhirnya saling jatuh cinta, tapi berbagai hal menghalangi mereka untuk mengungkapkan perasaannya masing-masing.
Keenan akhirnya pergi ke Bali, meninggalkan bangku kuliahnya. Sementara Kugy meneruskan kuliahnya di Jurusan Sastra dan bekerja di sebuah biro iklan menjadi copywriter. Di Bali, Keenan bertemu dengan Luhde (Elyzia Mulachela), keponakan dari Pak Wayan (Tyo Pakusadewo) – seorang pelukis yang menampung Keenan selama di Bali. Keenan yang sempat kehilangan percaya diri untuk melukis, akhirnya kembali semangat akibat dorongan Luhde. Di tempatnya bekerja, Kugy juga berangsur dekat dengan atasannya, Remigius (Reza Rahadian). Remi yang digila-gilai banyak perempuan malah jatuh cinta pada Kugy yang merupakan anak bawang di kantor.

Ketika hubungan Kugy dan Remi semakin serius, bersamaan dengan itu Keenan kembali ke Jakarta karena ayahnya jatuh sakit. Keenan terpaksa mengambil alih perusahaan ayahnya karena sudah tidak punya pilihan lain, dan kembali meninggalkan dunia lukisnya.

Pertemuan antara Kugy dan Keenan tidak terelakkan, dan lambat laun perasaan mereka yang memang tak pernah hilang kembali muncul. Masalahnya, Keenan sudah menjadi kekasih Luhde, dan Kugy juga menjadi kekasih Remi. Secara tak sengaja, Kugy bertemu dengan Luhde di Bali. Dan akhirnya diketahui, bahwa Remi adalah pembeli setia lukisan Keenan, dan mereka bersahabat baik. Ketika Kugy dan Keenan masing-masing mengetahui siapa pasangan mereka, keduanya kembali menjaga jarak sekalipun hati mereka hancur karena keduanya menyadari bahwa siapa sesungguhnya cinta sejati mereka.
Kisah cinta dan persahabatan selama lima tahun ini pun berakhir dengan kejutan bagi keduanya, bahwa akhirnya cinta mereka dipersatukan dengan cara yang sama sekali tidak mereka duga.

Review Film Perahu Kertas (Agustus, 2012) dari segala Aspek dan unsur Film

12:30 PM 3 Comments


Dari Novel ke Film Layar Lebar
Seperti pada kasus kekecewaan yang selama ini dialami oleh pembaca novel yang mengeluh tentang adanya perbedaan dalam penyampaian cerita novel dengan cerita layar lebar sangatlah berbeda jauh. Tidak jarang dari mereka yang memutuskan untuk mengikuti salah satu kesukaan yang mereka  anut, Ada yang tetap setia dengan membaca novel ada juga yang setia menonton dalam versi film. Sebetulnya untuk menyamakan dua media ini sangatlah tidak tepat. Disamping unsur media penyampaian yang berbeda juga terdapat unsur cerita dalam film terbatas dengan maksimal durasi sampai dua jam. Jelas berbeda bukan? Begitupun yang terjadi film perahu kertas. Film ini diangkat dari sebuah novel karya Dewi Lestari (dee) yang sekaligus sebagai penulis skenarionya. Film yang di Sutradarai oleh Hanung Bramantyo ini, bisa dibilang sukses dalam versi film nya. Disini saya tidak akan membedakan atau menyamakan antara Novel dengan Film karena secara pribadi saya belum pernah membaca novelnya dan itu keuntungan bagi saya untuk berimajinasi dalam menikmati film Perahu Kertas sehingga saya tidak ada beban bayang-bayang cerita yang ada di Novel. Namun secara garis besar film Perahu Kertas ini cukup berhasil karena dikemas dalam kemasan yang menarik dengan problem cerita yang lumayan kompleks. Dari ide dasar cerita saya sangat tertarik dengan cerita Perahu Kertas. Mungkin setelah ini saya akan membaca versi novelnya dan tentunya saya tidak akan membeda-bedakan  ataupun menyamakannya antara versi novel dan versi film karena masing-masing mempunyai unsur kelebihan serta kekurangan masing-masing.
Alur yang dibangun dalam cerita disini cukup untuk membangun sebuah emosi penonton, dikemas dalam kemasan cukup baik terutama dalam masalah penyampaian cerita. Sebuah cerita yang mengisahkan tentang hubungan dua hati antara Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken) yang sebenarnya saling memendam rasa namun tak pernah saling mengungkapkan. Semua seolah menjadi rumit karena permasalahan lain yang muncul mendampingi perjalanan kedua hati ini. Seperti keinginan keenan berhenti kuliah ekonomi karena ingin mengejar impiannya didunia lukis, serta berakhirnya hubungan Ojos dan Kugy karena sudah banyaknya ketidaksesuaian diantara mereka dan sebagainya. Saya tidak akan membahas terlalu banyak soal cerita biar pada nonton.heheehhe.. untuk mengetahui sinopsis Film Perahu Kertas silahkan kunjungi disini

Aspek Mise En Scene Film Perahu Kertas
Secara garis besar penokohan dalam film ini cukup baik karena sesuai peran yang diharuskan dalam film tersebut seperti tokoh Keenan yang memang memiliki sifat dingin dan cuek dalam film, sudah memerankan peran sesuai porsinya artinya tidak dilebih-lebihkan atau dikurangi. Begitupun dengan Kugy seorang gadis yang cuek dan mempunyai keunikan dalam karakternya diperankan dengan baik oleh Maudy Ayunda. Ditambah dengan kemunculan aktor yang sudah tidak diragukan lagi kwalitas acting nya yakni Reza Rahardian yang juga mempunyai porsi dalam cerita Film Perahu Kertas. 
Secara visual, Unsur sinematografi film ini cukup menarik karena divisualisasikan secara baik dikombinasikan dengan unsur artistik yang cukup realistis dan tidak berlebihan. Unsur artistik yang paling menonjol dalam film ini adalah ketika kugy mengajar disebuah sekolah alam, terlihat sekali peran penata artistik disana. Selain itu unsur artistik didukung oleh setting berlangsungnya cerita terutama pada saat Keenan berada di Ubud. Pencahayaan dalam film ini cukup baik sehingga membantu mengenalkan dimana seting film ini, membangun karakter tokoh, dan juga alur cerita. Untuk masalah make up saya tidak begitu memperhatikan namun menurut saya masih terbilang wajar sehingga tidak merusak unsur cerita yang ada, justru ikut membangun karakter tokoh utama yang cuek, unik, supel dan imajinatif. Untuk suara dan editing juga bisa dikatakan baik karena selama saya menonton saya merasa enjoy dan tidak merasakan editing didalamnya, artinya gambar yang ditampilkan seolah-olah benar-benar terjadi dikehidupan saya dan terjadi saat itu juga diirigi oleh musik film yang cukup baik dalam mendukung film Perahu Kertas ini.

Ditulis oleh: WPS  

Hari Terpanjang Menjelang Mundurnya Presiden Soeharto

10:52 AM 2 Comments
Beberapa hari yang lalu saya telah menyelesaikan membaca buku tentang perjalanan mantan Presiden Republik Indonesia yang kedua yakni Almarhum Bapak Soeharto. Buku ini berjudul “Hari-Hari Terpanjang Menjelang Mundurnya Presiden Soeharto”.  Buku terbitan kompas ini memiliki ketebalalan 252 halaman. Menceritakan tentang sebuah perjalanan panjang Presiden kedua Bangsa Indonesia. Mulai dari kemunculannya kepermukaan sampai jatuhnya masa kepemimpinannya. 
Didalam buku ini diceritakan tentang masa mantan Presiden Soeharto pada saat memimpin Indonesia dengan masa jabatan 32 Tahun. Bulan mei 1998, terutama tanggal 12-15 mei, merupakan hari-hari yang tidak mudah dilupakan Bangsa Indonesia. Itulah puncak kegetiran yang harus dilalui Bangsa ini setelah era pembangunan tiba-tiba berubah menjadi mimpi buruk. Saat itu krisis ekonomi yang melanda negeri ini sejak Agustus 1997, mencapai titik kulminasi. Masyarakat yang sebelumnya terlena dengan keberhasilan pembangunan, benar-benar panik.
Insiden 12 Mei, menewaskan 4 orang mahasiswa Universitas Trisakti seakan-akan menjadi pemicu dari puncak kepanikan itu. Masyarakat mendadak seperti gelap mata. Mereka tidak bisa lagi membedakan baik dan buruk, halal dan haram. Tiba-tiba saja mereka jadi orang yang sedang murka. Semua hasil pembangunan dirusak. Barang-barang yang ada ditoko dan gudang dijarah. Beberapa diantara warga kita mendapat perlakuan yang sangat tidak manusiawi. Jakarta, Ibu kota Negara, dibuat membara. Di mana-mana kita bisa melihat api membara disertai asap hitam yang membumbung tinggi ke udara. Kejadian yang menyesakkan pada tanggal 13-15 Mei itu, tidak hanya berhenti disitu. Perjalanan terus bergulir cepat, terutama ketika Presiden Soeharto tiba di Tanah Air setelah melakukan lawatang ke Mesir.
Pergulatan politik terasa semakin meninggi. Gerakan mahasiswa semakin tidak terbendung dan semakin menjadi-jadi sejak mereka menguasai Gedung DPR/MPR. Tekanan mahasiswa tidak hanya menggoyahkan wakil-wakil rakyat yang duduk didalam, tetapi juga ikut menggoyahkan Cendana, Bina Graha, dan Istana Merdeka. Apalagi para mahasiswa itu didukung oleh elit-elit non partai politik, yang merasa lelah melihat sepak terjang para pejabat Orde Baru yang sudah melenceng dari niatan membangun Bangsa dan Negara ini.
Meski digoyang begitu kencang, tidak terbayangkan baha Soeharto, yang didukung militer begitu kuat, dengan cepat menyerah. Namun kenyataan itulah yang kita alami. Hanya sepekan setelah kembali dari lawatan kenegaraan terakhirnya, Soeharto menyatakan mundur dari jabatannya. Ia menyerahkan sendiri tampuk pimpinan negara kepada Wakil Presiden BJ Habibie di Istana Merdeka, tanpa didampingi Ketua DPR/MPR Harmoko.
Mundurnya Soeharto setelah 32 tahun memegang tampuk pimpinan tertinggi di negeri ini, disambut penuh suka cita. Semua orang bergembira, era otokrasi sudah berakhir dan kita sama-sama akan memasuki era Demokrasi. Namun keputusan Soeharto untuk mundur dari jabatannya, hingga kini menjadi tanda tanya besar. Apa yang sebenarnya yang terjadi pada Jenderal Besar itu sehingga ia tiba-tiba menyatakan mundur? Apakah benar ia memutuskan untuk mundur karena merasa dikhianati oleh orang-orang yang dipercaya, termasuk Wapres Habibie? Apakah TNI ikut berperan mendorong kemunduran Jendral Besar-nya? Siapakah Jenderal-jenderal TNI yang bermuka ganda? Bagaimana peranan tokoh-tokoh sipil yang sempat bertemu soeharto di Istana Merdeka, dua hari menjelang kemundurannya? Sejauhmana  tekanan gerakan mahasiswa? Satu persatu diungkap dalam buku ini berdasarkan fakta dilapangan.
Setelah saya membaca buku ini menurut kesimpulan saya mundurnya presiden Soekarno disebabkan banyak faktor yang paling menonjol dalam mempengaruhinya diantaranya:
  1. Kerusuhan dimana-mana tidak dapat dibendung lagi, wlaupun presiden soeharto mempunyai wewenang kekuasaan terhadap TNI untuk membasmi siapa saja yang dapat merusak keamanan dan keutuhan negara namun presiden tidak melakukanya. Ini mungkin yang menjadi salah satu beban mental terhadap presiden. Tidak mungkin kan memerangi masa yang begitu banyak sedangkan masa itu adalah rakyatnya sendiri?
  2. Sebanyak 14 dari 16 menteri yang berada dibawah koordinasi Menko Ekuin mengadakan rapat di Bappenas. Dua menteri yang tidak hadir dalam rapat itu adalah Menperindag Mohamad “bob” Hasan dan Menkeu Fuad Bawazier. Ke-14 menteri menyatakan tidak bersedia menjadi menteri lagi dalam kabinet yang akan di-Reshuffle. Semula ada keinginan untuk menyampaikan hasil pertemuan itu secara langsung kepada Presiden Soeharto, tetapi akhirnya diputuskan untuk menyampaikannya lewat surat.
  3. Tekanan dari berbagai kalangan
  4. Krisis ekonomi yang semakin kacau

Buka Bersama Mig33 Cileungsi

1:46 PM 2 Comments
Alhamdulillah hari ini (Minggu, 12 Agustus 2012, kemarin) selesai juga Buka Bersama Komunitas Mig33 Cileungsi. Setelah sekian lama gak ketemu akhirnya kita bisa kumpul-kumpul lagi. Walau gak bisa datang semuanya tapi lumayanlah untuk hari ini, yang datang sekitar  27 orang diantaranya paiz_peda, idon, kunyit, peyot, diana, capunk toni, aim, inor, gethok, libero, heri magol, beben, comet, uwa kratos, om nyenk, hamid zlerd, mput, opie, mala desu, peni, bebek, apank, dan tentunya tuan rumah ambel dan isterinya (si non) ditambah lagi dengan saya sendiri.hehe.. makin malam makin rame dengan kedatangan penay disusul kemudian oleh andrei shr bersama isterinya. Acara buka bersama sekaligus silaturahmi ini sudah berlansung sejak dulu. Walaupun rata-rata yang hadir sudah tidak main mig33 (jarang online lagi) tapi masih tetap menjaga tali silaturahmi satu sama lain, terbukti dengan adanya acara buka bersama ini, bayak peserta yang antusias mengikuti acara buka bersama yang diadakan minimal sekali dalam satu tahun dibulan Ramadhan ini.
Susunan acaranya sendiri sederhana saja, diawali dengan buka bersama yang disambut dengan minuman es buah dan gorengan ditambah nasi bungkus. Setelah itu dilanjutkan acara sholat maghrib. Setelah sholat kita semua makan bersama. Setelah acara makan-makan kita juga disajikan buah melon yang lezat. Hehe.. kemudian kita ngobrol kesana-kemari gak karuan mulai dari masalah pekerjaan, pertemanan, obyek wisata, kegiata-kegiatan temen-temen, sampai bahas soal pasangan masing-masing,hehe.. curhat?? Ngopi kaleee... :p
Disamping itu kita juga membahas rencana halal bi halal yang akan diadakan setelah hari Raya Idul Fitri nanti, rencananya anak-anak hendak berkunjung ke Cidaun (entah dimana tempatnya saya juga  gak ngerti.hehhehe). ditengan acara ngobrol-ngobrol ada yang nyeletuk “anak Mig33 Cileungsi mah enak ya, walau udah pada nikah & jarang online tapi sekalinya ada acara kumpul pada kompak beda sama room sebelah, semenjak pada nikah udah jarang banget kumpul. Kalo diajak kumpul juga susah”.  Itulah serangkaian acaranya buka bersama bareng anak-anak Mig33 Cileungsi. Mudah-mudahan silaturahmi yang kita jalin selama ini dapat terus terjalin hingga kapanpun dan mudah-mudahan mendatangkan berkah. Amin. Terima kasih buat teman-teman semua yang sudah hadir. Terima kasih buat bapak ketua room Mig33 Cileungsi Gembel_s2m a.k.a ambel a.k.a oding dan non sweety (isteri) yang telah menyediakan tempat buka bersama dan merancang acara buka bersama ini. Semoga dapat menjadi berkah buat keluarga. Amin.


 

Sahur dikontrakan bimbang

3:08 PM Add Comment
Alhamdulillah pagi ini masih bisa sahur di kontrakan bimbang,hehe agak aneh ya denger nama bimbang? nama bimbang diambil dari judul film yang adegannya diambil di kontrakan kita ini. yah walau cuma film indie biasa, setidaknya kontrakan yang sederhana dan penuh coretan didinding ini sudah pernah masuk ke dalam pita seluloid 16mm. suasana kontrakan bimbang penuh dengan barang anak-anak kontrakan, mulai dari gitar, laptop, kardus-kardus, rak buku kecil, rak buku tembok, tas-tas, galon aqua (haha), amply gitar, speaker, dan sebagainyalah.
berhubung ini bulan puasa dan kebetulan juga temen-temen yang kuliah udah pada liburan, jadi pada mudik deh. sekarang yang bersisa cuma saya dan teman saya asal cibitung. walau begitu kita tetep ngeramein ini kontrakan bimbang biar gak garing. kadang kalo udah dikontrakan ini pengennya pada kumpul-kumpul lagi bareng teman-teman kontrakan. penghuninya sendiri ada sekitar delapam orang tapi kadang bisa jadi sepuluh orang, nah loh? siapakah itu? apapun itu yang penting gak saling mengganggu yah :D


Gemuruh air di hutan?

8:23 PM Add Comment
Gemuruh air yang bertumburan dengan benda lain sebelum akhirnya jatuh di dasar permukaan. Suaranya aneh bikin geli telinga, pokoknya menyebalkan. 
Aku kira aku lagi berada di hutan yang ada air terjunnya, ternyata bukan. Itu semua hanya bunyi air keran di kamar mandi ku yang bersentuhan tepat dengan gayung kamar mandi. Oh sungguh terlalu

Seandainya Kamu Mencintai Seseorang

3:01 PM 1 Comment
Sebetulnya saya paling males menulis tentang cinta, saya lebih suka menulis tentang kehidupan. tapi tak apalah, hidup kan tidak bisa lepas dari yang namanya cinta bukan? baik itu cinta terhadap Tuhan, Orang tua, keluarga, sahabat, seseorang, bahkan sesama makhluk hidup lainnya.  Sebelumnya saya meminta maaf sama teman-teman yang tidak sefaham dengan saya. Itu hak anda dalam menentukan pola pikir dalam menyikapi masalah cinta. Jujur saya sendiri masih ragu apakah saya faham tentang makna dari sebuah cinta atau tidak. Sudahlah, tidak ada yang sempurna di dunia ini, kita saling mengisi kekurangan aja ya J
jika kamu mencintai seseorang, cintailah dia secara wajar, jangan berlebihan kawan karena jika berlebihan akan berakibat fatal nantinya.  Kita tidak akan tahu apakah dia berjodoh dengannya atau tidak. Rasa sakit akan anda rasakan ketika anda mulai disingkirkan oleh pasangan anda. Anda akan merasa dunia seperti kiamat. Hidup seperti sudah tidak ada harapan lagi. Nah kalo sudah begini kan repot bukan?  Jangan berlebihan kawan :)
suatu hari ada seorang wanita menangis ditempat umum. Orang-orang sekitar mulai kebingungan dan bertanya apakah yang terjadi sama wanita tersebut? Setelah menenangkan wanita tersebut akhirnya dia menceritakan tentang apa yang dialaminya, dia baru saja diputus sama pacarnya. Saat itupula saya merasa heran, sedalam apa sih perasaan yang dia kasih ke pacarnya itu. Dia bercerita bahwa dia sangat mencintai pacarnya tersebut. Dia rela melakukan apapun untuk pacarnya karena dia sangat mencintainya. Apapun itu. Duh kenapa harus begitu sih? Jujur sayapun pernah mengalami hal mencintai seseorang tapi saya sangat tidak suka apabila berlebihan cinta sama seseorang. Ini bisa dibilang politik antisipasi dalam masalah perasaan. Setelah berjalannya waktu ternyata benar saja dia minta kita putus padahal saya mencintainya. Wajar sih kalau kita merasa kehilangan apabila orang yang kita sayangi telah pergi begitu saja. Tapi apa mungkin kita mau terus terlena sama perasaan kita? kita tidak bisa memaksakan perasaan orang lain bukan? Kalau memang dia sudah tidak mau, ya sudah jangan diteruskan. Life must go on kawan!!!.
Sahabatku, sayangilah mereka sekedarnya saja selama dia belum menjadi pasangan kita yang sah (menikah). Walaupun rasa sayang tidak selamanya harus pacaran, rasa sayang bisa kita jaga sampai tiba saatnya dan telah siap untuk menikah. Namun jangan segan-segan mengungkapkan perasaan kepada orang yang kita sayang. Tentang pacaran atau tidak terserah anda dan itu kembali kekeyakinan yang anda yakini tapi yang harus diingat sekali lagi adalah kontrolah rasa sayang anda kepada seseorang yang belum menjadi suami atau isteri kita. Toh kita masih punya cita-cita bukan? Lakukan apapun yang ingin anda lakukan, kejar segala keinginan anda. Semua akan manis pada waktunya karena sudah merupakan janji Tuhan, bahwa setiap makhluk hidup itu sudah mempunyai pasangannya masing-masing, sekarang tinggal bagaimana kita mengolahnya saja. Tapi bukan berarti kita hanya berleha-leha saja dalam mencari pasangan kita, diperlukan suatu usaha untuk menuju kesana.
Bijaksanalah dalam mencintai seseorang agar kita tidak menyesal dikemudian hari. Ikuti aja sesuai arusnya tapi kita jangan sampe hanyut kebawa arus jugalah. Santai saja kawan. Jangan terpaksa dan jangan memaksa. Terkadang hidup tidak selamanya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kenyataan bisa berbanding terbalik dengan keinginan.

Pergi Pergi dan Pergilah

2:33 PM 1 Comment
Hembusan angin malam bertiup kencang menembus tulang. Gigi-gigi tajam saling berbenturan akibat menahan hawa yang begitu dingin. Sunyi sepi dan sendiri. Berjalan menelusuri kegelapan malam, tidak ada penerangan sedikitpun hanya ada cahaya bulan yang setia menemani setiap langkah kakiku kemanapun aku melangkah. Kerinduan yang terpendam hanya terlihat ketika sedang tertidur. Mungkin ini hanya bunga tidur belaka namun sudah dua hari ini aku memimpikannya, seseorang yang tidak mungkin aku miliki karena dia sudah tidak sendiri lagi. Setiap aku memimpikanya, tidurku selalu dalam keadaan nyenyak. Saking nyenyaknya aku sampai hampir kesiangan sahur. Hmmm..
Pergilah kau bersama orang yang kau sayangi, jangan kau masuk kedalam bayang-bayang mimpiku. Hiduplah bersama orang itu. Biarlah aku menggantimu dengan orang yang pantas menggantimu. Pergi.. pergi.. dan pergilah.. tak pantas kau hadir dalam mimpiku.
Sebuah penantian panjang, sebuah penantian yang sia-sia hanya bisa membuang-buang waktu dan tak ada yang bisa diharapkan lagi. Semua hanyalah bentuk ketidakpastian yang membusuk dihati. Keinginan dan harapan tidak sebanding dengan kenyataan yang sungguh pahit terasa. Mungkin kita bisa berharap lebih namun semua itu tak ada artinya jika tidak adanya feedback yang baik darinya. Semoga kau hidup bahagia dengan siapapun yang kau pilih begitupun denganku. Selamat tinggal harapan ketidakpastian.

PEMILIHAN PUTRA PUTRI SOLO 2012

7:16 PM Add Comment
Ikuti pemilihan PUTRA PUTRI SOLO 2012

Jadilah generasi muda berbudaya dan bagian dari paguyuban putra putri
solo. Memegang peranan penting dalam pengembangan pariwisata kota Solo
dan icon Pemuda Pemudi Solo yang berbudaya.

Pancarkan pesona sejati mu sebagai generasi muda yg santun, kreatif,
dan berbudaya.

Persyaratan :
1. WNI 18-24 th pd saat pendaftaran, trhitung per 31 desember 2012.
2. Mmpnyai ijazah lulus SMA/sederajat
3. Mempunyai KTP Surakarta
4. Belum prnh menikah
5. Mampu brkomunikasi dgn bhs jawa dan atau Bhs. Inggris
6. Memiliki wawasan pengetahuan di bidang budaya, pariwisata, serta
sejarah kota Surakarta.
7. Berkepribadian dan berpenampilan menarik, berbakat, kreatif dan komunikatif
8. Tinggi badan min 165 cm (putra) dan 160 cm (putri)
9. Sehat jasmani dan rohani
10. Tdk prnh mengikuti pemilihan duwis di daerah lain
11. Wajib mengikuti rangkaian kegiatan pemilihan.


formulir pendaftaran bisa diambil di dinas kebudayaan dan pariwisata
kota surakarta. atau silahkan unduh FORMULIR PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka mulai tgl 1 juni-16 agustus 2012.

Join us! :)

ANDAKAH PUTRA PUTRI SOLO SELANJUTNYA?
SELAYANG PANDANG
Putra Putri Solo adalah duta pariwisata Kota Solo yang mempunyai tugas untuk mempromosikan potensi dan obyek wisata di Kota Solo. Dengan seiring perkembangan jaman dan tuntutan masyarakat, Putra Putri Solo tidak hanya sebagai ikon pariwisata saja, melainkan juga sebagai ikon pendidikan, sosial, dan budaya serta representative positif dari remaja Kota Solo.
Putra Putri Solo merupakan kumpulan dari generasi muda Kota Solo yang terpilih berdasarkan Pemilihan Putra Putri Solo yang diadakan rutin setiap satu tahun sekali dan telah menjadi kalender event dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Pemuda pemudi yang tergabung tersebut kemudian dibekali, dididik dan dibina untuk dapat menjadi generasi muda yang berkepribadian baik, cerdas, maju dan  cinta akan budaya adi luhung khususnya kebudayaan Kota Solo.
Paguyuban Putra Putri Solo adalah sebuah wadah bagi para Putra Putri Solo baik yang sudah purna tugas maupun yang masih mengemban tugas unuk tetap berkarya dan menunjukkan eksistensi Putra Putri Solo sebagai salah satu wadah bagi generasi muda kota solo dengan ikut berpartisipasi melestarikan budaya kota solo dan memajukan kota solo di bidang pariwisata, pendidikan, sosial dan budaya.
Bahwa guna menemukan dan melibatkan generasi muda Kota Solo untuk kemajuan Kota Solo sebagaimana disebutkan diatas, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta bekerjasama dengan Paguyuban Putra Putri Solo (PPS) menyelenggarakan Pemilihan Putra Putri Solo 2012 dengan tema “Pancaran Pesona Sejati”.  Pendaftaran peserta Pemilihan Putra Putri Solo 2012 dimulai sejak tanggal 1 Juni sampai dengan 16 Agustus 2012 dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
I.        PERSYARATAN UMUM
1.       WNI berusia 18-24 tahun pada saat pendaftaran, terhitung per 31 Desember 2012.
2.      Mempunyai ijazah lulus SMA atau sederajat.
3.      Mempunyai KTP Surakarta.
4.      Belum pernah menikah.
5.      Mampu berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Jawa dan atau Bahasa Inggris.
6.      Memiliki wawasan pengetahuan di bidang budaya, pariwisata, serta sejarah Kota Surakarta.
7.      Berkepribadian dan berpenampilan menarik, berbakat, kreatif dan komunikatif.
8.     Tinggi badan minimum 165 cm (untuk Putra) dan 160 cm (untuk Putri).
9.      Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan dari Puskesmas.
10.  Tidak pernah mengikuti Pemilihan Duta Wisata di daerah lain.
11.   Wajib mengikuti seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia selama Pemilihan Putra Putri Solo 2012.
II.      LAMPIRAN
1.       Formulir Pemilihan Putra Putri Solo 2012 yang telah diisi lengkap   
Formulir dapat diperoleh di 
o    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, 
o    Saat roadshow, atau 
o    Unduh melalui Klik Disini
  
2.      1 (satu) lembar fotocopy KTP Domisili Surakarta.
3.      1 (satu) lembar Surat Keterangan Kesehatan dari Puskesmas.
4.      Foto berwarna terbaru :
·         2 (dua) lembar PASFOTO (4x6), 1 (satu) lembar ditempel di formulir (latar merah).
·         2 (dua) lembar foto SELURUH BADAN (3R), 1 (satu) lembar memakai Pakaian Adat Jawa, 1 (satu) lembar memakai Pakaian Office Look.
5.    Fotokopi piagam penghargaan (jika ada).

III.     PENYERAHAN FORMULIR PEMILIHAN PPS 2012
1.       Peserta wajib menyerahkan formulir yang telah dilengkapi paling lambat Kamis, 16 Agustus 2012 ke : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta
2.      Berkas dimasukkan ke Map Biru untuk calon Putra Solo dan Map Merah untuk calon Putri Solo.

SEKRETARIAT:          
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta 
Jalan Bridgen Slamet Riyadi No.275 Surakarta
Phone : 0271- 711435 Fax. 0271 – 716501

CONTACT PERSON:  
CINTIA (082134389790)
HANIF (085642358686)
IBU AYU (081578358338)


Twitter: @PutraPutriSolo
Facebook: Putra Putri Solo


Batal Puasa dengan Cara Sehat

12:29 PM Add Comment
Sebagai umat muslim sudah menjadi kewajiban untuk kita menunaikan ibadah puasa sebagaimana telah dilakukan orang-orang sebelum kita. Namun ketika berpuasa tidak jarang yang mengalami dehidrasi saat melakukan aktivitasnya. Dehidrasi merupakan hal biasa dialami selama berpuasa. Wajar saja, karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama 14 jam. Agar tubuh segera terhidrasi, minum air putih menjadi cara terbaik saat berbuka puasa. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang menyukai minum air putih. Nah, coba diganti dengan air kelapa.

Beberapa ahli menyarankan untuk meminum air kelapa sebagai solusi untuk melawan dehidrasi. Air kelapa selain bermanfaat untuk menghilangkan haus dan dahaga terutama disaat cuaca panas, tetapi ternyata menyimpan potensi yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. misalnya : keracunan, batu ginjal, melancarkan persalinan, dan sebagainya. Tidak salah kalau pohon kelapa dijuluki sebagai pohon kehidupan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa air kelapa efektif melawan dehidrasi dibandingkan minuman olahraga. Para atlet juga disaran untuk meminum air kelapa yang membantu mengganti semua mineral dan cairan yang hilang saat bekerja.

Tidak seperti minuman berkarbonasi, air kelapa tidak menyebabkan kerusakan gigi dan menaikkan berat badan. Air kelapa mengandung trigliserida rantai sedang yang malah membantu menurunkan berat badan. Air kelapa juga mendukung sistem kekebalan tubuh, melindungi hati, mengurangi oksidasi lipid dan meningkatkan sensitivias insulin. Selamat menjalankan ibadah puasa J

Buah Labu Bantu Gairah Pria

12:09 PM Add Comment
Add caption
Buah labu merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Ada lima spesies buah labu yang umum dikenal, yaitu Cucurbita maxima Duchenes, Cucurbita ficifolia Bouche, Cucurbita mixta, Cucurbita moschata Duchenes, dan Cucurbita pipo L. Kelima spesies buah labu tersebut di Indonesia disebut buah labu kuning (waluh) karena mempunyai ciri-ciri yang hampir sama. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pakar Gizi dan kesehatan, buah labu memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan juga untuk kecantikan.

Pada perkembanganya buah labu dijadikan sebagai sebuah ajang perayaan yang dikenal dengan Halloween. Namun tak hanya identik dengan Halloween, labu juga membantu pria terus 'on'.
 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa labu dapat menjadi alternatif pengobatan bagi penderita impotensi dan meningkatkan gairah seks bagi pria normal. "Para wanita tak perlu menyemprotkan parfum. Cukup menyediakan kue labu, itu sudah cukup membuat pria terangsang," jelas Alan Hirsch, Direktur Chicago's Smell and Taste Treatment and Research Center, dilansir melalui Alldoing (8/8). Labu memang terkenal mengandung antioksidan yang dapat menangkal berbagai jenis kanker. Kandungan vitamin, mineral, dan karbohidratnya terbukti memberikan manfaat bagi tubuh. Aroma tertentu bisa meningkatkan gairah seksual. Uniknya, labu memberikan aroma terbaik yang membantu pria terangsang. Hirsch menjelaskan, bau dan aroma bertindak mengurangi rasa cemas. Dengan turunnya tingkat kecemasan, maka aliran darah ke alat kelamin meningkat."Kombinasi dari aroma dapat meningkatkan 40 persen aliran darah ke penis. Dan labu merupakan stimulan yang kuat," jelasnya. Bagian terpenting dari labu untuk kesehatan seksual pria adalah biji labu. Biji labu kaya akan seng yang bermanfaat untuk pembesaran prostat, meningkatkan testosteron dan gairah seksual.

Popular