Berani, Berani, dan Berani

10:33 AM Add Comment
Malam ini temen gw mampir ke rumah. Tujuan utamanya sih mau minjem kamera DSLR gw. Sampe ke rumah gw, kita langsung aja ngobrol ngaler ngidul di post depan rumah gw, kebetulan dia dateng sama temen nya. Yah itung-itung lagi reunian lah, maklum gw udah lama gak ketemu temen seperjuangan semasa kuliah di jogja.
Sesuai tuntutan usia, ya kita ngobrol masalah kerjaan (walaupun usia gw gak tua tua amat sih ;p ). Jujur posisi gw sekarang ini sedang dalam status "pengangguran".
Udah hampir 1 tahun gw nganggur (memprihatinkan bukan?).
Sebenernya gw bingung & serba salah. Kenapa gw katakan serba salah?
Gw sebenernya masih pengen lanjutin kuliah gw. Gw masih ngerasa "lapar" akan ilmu pengetahuan yang tentunya gw pengen seimbangin dalam bentuk praktek dibidang yang akan gw geluti ini.
Gw sendiri lulusan D3 BROADCAST di salah satu perguruang tinggi swasta di jogja. Rencana mau lanjutin buat S1 nya.
Alasan utama gw kenapa lanjut tentunya seperti gw sebut diatas, jadi bukan semata-mata untuk mendapatkan ijazah s1. Alasan yang kedua adalah gw pengen "beli" pergaulan, Maksud gw pengen nyari semacam link/relasi kerja di Ibu Kota. Secara gw biasanya hidup di luar kota, sedangkan rumah gw sendiri di bogor, gak jauhlah dari jakarta. Jadi pas gw selesai kuliah diluar kota tepatnya di jogja, gw ga begitu pandai membaca situasi dunia kerja ibu kota yang katanya "kejam" itu.

Kembali lagi ke obrolan dengan temen gw yang tadi.
Gw tanya-tanya masalah kerjaan dia & progress-nya. Respon dia positip terhadap kerjaan nya itu, malah dia mau ngajak gw join kalau gw udah siap terjun. Aarghh.. Gw blak-blakan aja dah disini. Sebenernya gw tuh udah daftar kuliah lanjutan gw itu. Gw nyoba lanjut disalah satu perguruan tinggi di jakarta. Gw udah bayar biaya kuliahnya juga, baru mulai masuk perdana bulan september 2011 ini.
Gw tau waktu kerja itu rata-rata "Full Time", artinya waktu kuliah gw pasti bakalan gak jalan kalau gw maksain kerja apa lagi kalo gw ngelamar ke stasiun televisi. Sedangkan waktu kuliah, bisa gw bilang sebagai waktu "kentang". Karna waktunya terbagi-bagi sesuai jadwal mata kuliah itu sendiri. Tau sendirilah dari pengalaman pribadi kuliah 3 tahun.
Itu yang bikin hati & pikiran gw kadang gak "sinkron". Disatu sisi gw pengen nyari ilmu, disisi lain gw butuh kerja karna tuntutan hidup.

Gw sendiri kadang kalau seandainya terjun sekarang ke dunia kerja, kadang gw ngerasa minder! Gw ngerasa kurang! Walaupun sebenernya gw pengen nyoba! Gw percaya bahwa prestasi yang besar itu harus dicapai dengan resiko yang besar pula.

Pas gw ditawarin join sama temen gw, ya gw penasaran juga pengen nyoba. Gw sih ditawarin didivisi kamera, yang selama ini gw geluti. Walau jarang banget kerja bareng sama dia, tapi dia tau bidang yang selama ini gw geluti tersebut. Walau gw sendiri ngerasa masih dalam jalur amatir, tapi bidang itu yang sedikit gw kuasai dibandingkan bidang lain.

"sekarang itu yang penting lo berani! Coba aja!" temen gw nyeletuk ke gw pas lagi mikir pertimbangan.

Nah kata-kata motivasi yang sering gw resapi ini terletak pada "KEBERANIAN". Gw sering banget dinasehati Orang tua, saudara, keluarga, ataupun temen. Ya apalagi kalau bukan keberanian.
Mungkin udah saatnya gw nyoba. Walau resiko nanti kedepannya gw belum ada bayangan secara gamblang. Mau gak mau pasti ada keterikatan gw sama dunia kerja.
Ada dua pilihan, kuliah yang mengikuti dunia kerja atau dunia kerja yang mengikuti aturan main kuliah.
Semoga ada jalan keluarnya.amin...

Saksi bisu terbakar

8:44 PM Add Comment
Walah Liat kondisi pasar tradisional cileungsi memprihatinkan ya semenjak terjadi sabotase. Setiap ruang kios malah mirip gudang pembuangan sampah, Tumpukan barang yg terbakar masih tersisa. Semakin terlihat tidak terawat, bau, dan becek.
Sebagian besar pedagang lebih memilih pindah ke Mall Cileungsi yg letaknya tidak jauh dari pasar cileungsi, hanya ada beberapa pedagang yg tetap bertahan dan membangun kembali kios mereka.
Bagaimanapun kondisinya, pasar tradisional ini merupakan salah satu saksi bisu peradaban Cileungsi dimana aku tinggal... :)

Mamah & Bapak maafkan aku (Harapanku)

2:06 PM Add Comment
Buat mamah & bpak. Mah pak maafin aku ya belakangan ini aku agak boros ampe bongkar celengan segala. Cuma buat nonton, upgrade lensa, beli buku, liat pertunjukan, ikt workshop, dsb.
Itu aku lakukan semata mata hanya demi ilmu pengetahuan mah pak.
Aku belajar dari apa yg aku lakukan, amati, pelajari, dan aku praktekan.
Kalo niat hura hura mending aku pergi aja ke dufan, taman bermain, trans studio bdg, ke hawai, atau kemana saja.
Buat ku, pengorbanan buat ilmu pengetahuan adalah sebuah investasi yang bijaksana.
Itu langkah pertama yg aku lakukan agar mamah & bpk tersenyum,
Dukung terus anakmu ini ya. Makasih ya mah & pak, semoga mengerti..

Berkunjung ke Rawa Lumbu, Bekasi

10:03 AM 2 Comments
Daripada gw gak bisa tidur, mending cerita lagi aja ya :D

Mulainya gimana ya??? :o
Langsung aja, tadi siang gw habis nganter kakak (no.2-cewek) nyari kado buat nikahan kakak (no.3-cowok).. Intinya gitu deh :p

Nah tiba-tiba ada SMS: "mas , ada d ruma gag ???"

Ternyata ada sms dari lalap pacarnya temen gw(kenal lalap dari aung).
Nah temen gw itu namanya aung.. Gw sama aung udah kenal lama.. Mungkin udah 2 atau 3 tahun.. Pertama kenal di forum.. Kebetulan dulu dia salah satu member forum nya..nah gw gak sengaja salah satu admin nya.hehe..

Ups kembali lagi ke SMS, trus gw bales aja "aku lagi gak di rumah, ini lalap ya?"
Bla..bla..bla.. Sampe akhirnya kita janjian mau ketemu di rawa lumbu-bekasi, rumah lalap.

Selesai beli kado pernikahan, gw langsung anterin kakak gw pulang ke rumah.. Trus langsung On the way ke bekasi..
Nah dibekasi gw nunggu mereka di Kemang Pratama, katanya sih mau dijemput disitu..
Gw duduk di depan SMP MARSUDIRINI. Beberapa menit menunggu akhirnya datang juga :D
Langsung deh tancap gas..
Sampe juga dirumah lalap.. Kedatangan gw disambut sama ketty kucing kesayanganya lalap..
Bulu kucingnya bagus lho..
Sayang bgt gw gak sempet foto tuh kucing..huhu..

Setelah Ngobrol ngaler ngidul.. Gw dibikinin mie instan.. Sebenernya gw gak laper tapi berhubung udah dibikinin yaudah gw makan dah.hehe

Kita juga maen sulap sulapan tebak kartu.. Wuih lumayan gw diajarin trik sulap juga ma mereka.. Mereka juga ngajak gw buat beli peralatan sulap gak jauh dari rumah lalap.. Disana gw diajarin trik-trik sulap.. Walau gw gak begitu suka sama sulap tapi Yah lumayanlah buat iseng & cukup menghibur...hihi..

Selain itu gw juga ditawarin kerjaan ma aung & lalap.. Tapi gw belum tau pasti kerjaannya apaan.. Liat ntar sabtu aja katanya.. :s
Yaudah kita tunggu sampe hari sabtu.. :)

Udah dulu yah.. Berasa Udah mulai ngantuk.. Hore.. :D
Selamat malam teman-teman :)

Cerita Sebelum Tidur (Kisah Telunjuk Sakti)

12:08 PM Add Comment

Sebelum tidur gw mau cerita dulu nih..
Beberapa hari yang lalu gw didatengin orang yang pasang listrik *instansiSENSOR*
Mereka emang udah di tugasin ma orang kantor buat pasang listrik di rumah gw..
Sempet bete juga sekarang ini ada peraturan kalo pasang listrik itu harus yg pake pulsa.. Jadi setiap pulsanya habis, kita harus mengisi ulang via voucher.. Katanya sih ini untuk mengantisipasi pencurian listrik & bisa ikut menyelamatkan bumi karena kita bisa menghemat listrik.. Ah tapi gak tau juga apa motivasi yg sebenernya buat mereka..

Seharian masang akhirnya selesai juga.. Pas gw ikut nimbrung, salah satu petugas mereka ngajak ngobrol gw.. Yaudah dg senang hati gw ladenin..

Petugas:"Mas, kerja dimana?"

Pertanyaan yg kayak gini yg gw gak suka sekarang ini.hehe

Gw: "owh kalo saya gak kerja pak"

Petugas: "emang kenapa gak kerja mas?"

Gw:"saya mau lanjutin sekolah pak"

Petugas:"owh mau kuliah lagi ya? Kok lanjutin? Emang dulu kuliah apa?"

Gw:" hehe iya pak tapi baru rencana juga kok. Kalo dulu saya D3 Broadcast.. Nah skrg mau dilanjutin ke s1 nya.. Kalo jadi itu juga.hehe"

Petugas:"wah hebat dong. Kalo gitu nanti kerja di tempat saya kerja aja mas, kerjanya enak kok. Pasti santai kalo buat mas"

Gw:" lho tapi kan saya gak faham listrik pak, apalagi saya kan lulusan brodcast"

Petugas:" alah gampang.. Yg harus ngerti listrik itu yg dilapangan mas, seperti saya ini. Mas paling di kantornya tinggal duduk aja.. Mas kerja cuma modal * ini aja"

Petugas itu menunjukan jarinya ke gw..

Gw:"waduh"

Intinya cuma dg modal menyuruh nyuruh bawahan kita bisa bekerja.. Lantas kita sendiri bisa bekerja? Makan gaji buta?
Mungkin ini yg dilakukan para penguasa di negeri tercinta ini ya?
Mereka gak bisa bekerja di bidang itu, mereka tidak mengerti bidang itu tapi mereka menggeluti bidang tersebut.. Cuma bisa Menyuruh,menyuruh, dan menyuruh tapi dia sendiri gak bisa melakukan apa yg dia suruh ke bawahannya..

Lucu juga ya.. Ada telunjuk sakti(para penguasa)..
Dengan Kekuatan telunjuk bisa membawa perubahan pada dunia.. Baik itu yang positif maupun negatif.. padahal dia sendiri gak bisa melakukan apa yg dia ubah.. Haha..

Mudah-mudahan para pemegang Telunjuk Sakti adalah orang yang benar-benar ahli dibidangnya... :)

Udah dulu ya cerita sebelum tidurnya.. Dah ngantuk nih.. Selamat Malam :-)

Seminar Online Entrepreneur Awards 2011 Fakultas Ekonomi-Universitas Indonesia (UI)

7:40 AM Add Comment

capek juga seharian tadi habis ikut seminar " online entrepreneurship awards 2011 & Kunci sukses bisnis online" yg diadakan BEM FEUI & CIMBclicks,,
Pertama sih cuma diajakin ma temen yg di Ui.. Katanya ada seminar, itupun dadakan.. Hadoh.. Ya iseng-iseng lah..hehe..
Gw berangkat dari rumah sekitar jam 10.30 wib. Sampe ui sekitar jam 11.45 kalo kagak salah..
250pengunjung/pendaftar pertama dapet souvenir dari cimbclicks lho.. Nah kebetulan bgt gw dapet urutan ke 151. Wkwkwk lumayanlah dapet boneka gurita :p

Eit.. Ga cuma itu doank.. Ada juga doorprize: t-shirt, dvd player & voucher belanja total Rp.2.000.000, buat yg berutung :D
Tapi sayang gw kagak beruntung.wkwkwk tp gak apalah tujuan gw ksini jg cuma pengen nambah ilmu aja sih.ya syukur2 dapet lebih..hehe..
Acara sendiri di mulai sekitar pukul 12.56 wib, dibuka dengan penampilan seni gerak budaya tari dari mahasiswa FEUI.. dilanjutin sambutan ketua BEM FEUI, gw lupa namanya :p
Ga mau ketinggalan juga Dekan FEUI ikutan ngasih sambutan..
Sedangkan seminar sendiri di isi oleh 3 narasumber.. Diantaranya Jerry S. Justiano & Winang Budoyo.
Oia kalo temen-temen pengen ikut seminar ini masih ada kok, kalo gak salah tanggal 7 mei di al-azhar jkt. Coba cari info nya di www.oea2011.com ada info menarik juga lho disitu sebelum tgl 31 mei 2011. :p
Etdah kenapa gw jadi promo gini ya.. :p
Intinya acara hari ini cukup menyenangkan & melelahkan.. Tapi juga mengasyikan.. Asik apanya? Ada deh :p
Acara selesai sekitar pukul 16.00wib. N gw langsung cabut dah ke cls.. Wuzzz.. :)

Nyesek

8:42 AM Add Comment
Malam ini gw nyesek bgt denger ocehan "MONSTER". kalo ngomong pasti nyelekit.. Suka bgt ma yg namanya ngungkit-ngungkit pemberian nya!
Omongan nya persis kayak orang yg gak berpendidikan.. Huh..
Mending tidur aja lah..

Dunia Ini Sempit Ya?

1:00 AM Add Comment
Malam Minggu kemaren gue maen ke kost nya hasbul di daerah Kukusan-Depok Jabar. berangkat dari rumah jam setengah delapan malam. udah lama juga gue jarang maen keluar apa lagi malem mingguan sama yang namanya pacar atau apalah.. maklum lagi jomblo nih. wkakakak malah promosi :p
Tapi kali ini gue keluar maen buat ketemu temen-temen gue yang dulu pernah satu SMA. ya wajarlah gue sempetin datang cz udah hampir 4-5 tahun gak ketemu mereka temen-temen X-MEN.
apa itu X-men?
X-MEN adalah komunitas para pendaki atau pecinta alam gitu deh. tapi kalo gue sendiri lebih mendefinisikan sebagai para pendaki gunung dari jaman SMA gue ikutan tuh. hehehe.. tapi X-MEN bergerak sendiri, kita gak bergerak dibawah naungan sekolahan pada jaman itu, kita murni independent.
Sebenernya disekolahpun ada semacam Ekskul pecinta alam "Jabal Thoriq" namanya, gue juga salah satu senior disana sampe sekarang.. hehehe..
tapi X-men berdiri sendiri.

Kembali lagi ke hasbul,
pas udah nyampe Universitas Indonesia (UI) Depok, gue sempet kehilangan kontek dengan mereka. maklum aja tiba-tiba hape gue lowbet. aahhh,... sialll...
gue nunggu di depan Halte Fakultas Teknik UI, berharap dijemput tapi gak ada kepastian cz hape gue aja nyala-mati nyala-mati.hiks..
lama gue nunggu akhirnnya gw muter-muter aja nyari mereka sekitaran UI. nah ternyata kita gak ketemu malah cari-carian gak jelas.hahaha
pas cek hape, ternyata mati trus gue idupin lagi dah tuh hape. eh ada sms masuk katanya Hasbul & Rosyad udah ada di halte Fak.Teknik UI.
pas gue kesonoh, mereka malah kagak ada... arrrhhh!
langsung aja belok ke parkiran Fakultas Teknik. pas di post satpam gw numpang nge-Charger hape gue... hahahah...
gw telpon noh si hasbul. eh ternyata mereka lagi ngerjain gue.. mereka liat gue tapi cuma ngeliatin dari jauh donk buat ngisengin... cpd.. :P
KOST HASBUL
nah akhirnya sampe juga di kost hasbullah Yasir.
disana ada MS(panggilan dia dari SMA), Rosyad, ma hasbul.
emang cuma sedikit, maklum lah ini silaturahmi temen-temen X-men yang ada di JABODETABEK aja.. hehehe.. sedangkan X-Men gue kenal pas Sekolah Menengah Atas di daerah Solo, Jawa Tengah.
setelah beberapa jam cerita tentang pendakian yang pernah kita lakukan bersama.
Eh ternyata MS(langsung datang dari solo) dia mantan Ketua Umum "RECHTA" Pecinta Alamnya Mahasiswa Hukum UMS.
Gue kaget.. wajar aja. ketiga kakak gue anak sonoh juga.
gue tanya aja
Gw: "Es km anak Rechta ya??"
MS: "iya kok tau?"
Gw: "noh kata Rosyad ma Hasbul"
MS: "hah?emang kenapa wan?"
Gw: "u kenal ma mas Godeg gak?"
MS: "hah. kenal lah.."
Gw: "kenal istrinya ga?"
MS: "kanal juga, teh nung kan?"
Gw: "hahha...teh Lina kenal? "
Ms: "Tau, Lina Herlina B. Sirait kan? emang kenapa sih wan???"

Ms kebingungan denger gue ketawa, geli juga ternyata temen seperjuangan gue dari SMA ternyata malah udah bertemen ma kakak gue, malah udah nginep dirumah nya tanpa gue tau..ya secara kakak gue seniornnya di RECHTA.
Gw: "Mas Godek itu kakak gue es, ipar. nah kalo Teh Nung itu kakak kandung gw, begitu juga teh lina.. hehehe"
MS: "beneran wan??"


"hhhahahahahahaahahaha..
konyol juga.. ternyata istilah dunia ini sempit berlaku juga buat gue ya... hahahaha..."


gue sebutin deh temen-temen Rechta Angkatan lama, dia kaget kok gue bisa kenal semua ya? hehehe
wajar aja gue kenal.. sebelum masuk SMA di Solo gue maen terus di POSKO/BASECAMP mereka, itu juga diajakin ma kakak gue & temen-temennya yang sering maen ke rumah yang kebetulan gue tinggalin di Solo (Rumah Kakak).
gue sering liatin mereka maen Wall Climbing, pernah nyoba juga.hehehe..

back to kost hasbul>
malam itu gw rencana mau langsung balik ke rumah, tapi ternyata hasbul nyuruh gw buat nginep aja di kost nya.. lagian udah lama kan gak ketemu (lagian kotnya udah digembok)haiah.. akhirnya kita bertiga nginep dah... sampe pagi gue langsung cabut ke cileungsi... wwwuuuuzzzzzz..... :D

Jadwal Sabtu 30 April 2011

6:25 PM Add Comment
Jadwal hari ini:


1.nyuci
2.mandi
3.ke warnet bentar
4.ambil "huut" :p
5.berkunjung ke kost Hasbul di Depok :D

Harapan yang Tertunda

4:20 AM Add Comment
Sepertinya keinginanku terpaksa terhenti karena musibah yang telah terjadi terhadap keluargaku.. entah siapa yang harus disalahkan.. aku rasa tidak ada yang salah, ini cobaan buat ku & keluargaku untuk bersabar dalam menggapai sesuatu.. mudah-mudahan pengorbananku bermanfaat buat saudara saudaraku.
Aku ikhlaskan semuannya kepada Allah SWT.

Hentikan Omong Kosongmu!

7:16 AM 16 Comments
Hentikan segala omong kosongmu. Beraksilah dengan yang lebih realistis. Ini dunia nyata bung, bukan dunia khayal. Cukuplah mimpimu itu jadi motivasi untuk diwujudkan dalam bentuk yang lebih nyata

Kesehatan Bokap lebih penting dari segalanya

3:00 AM 2 Comments


Ini kunjungan ke RS THAMRIN untuk kesekian kalinya.. Ya apa lagi kalo bukan untuk memeriksa kesehatan Bokap (red:bapak) gue..
Bokap gue termasuk perokok aktif, wajar aja kalo beliau kena penyakit paru-paru..
Tapi setelah rawat jalan beberapa kali kesehatan bokap gue naek turun gak stabil.. Kondisi terakhir wajah bokap berwarna kuning... Hmmm..
Setelah di check ternyata dokter menyarankan bokap buat dirawat inap..
Dari ruang UGD, Gue langsung menuju ke tempat pendaftaran.. Gue isi deh formulir pendaftaran rawat inap..

Tepatnya di ruang Shafire 2.. Dan resmilah pada tanggal 1 april 2011, 16.29 wib. Bokap gue di rawat inap di Rs.Thamrin Cileungsi-Bogor, Jawa Barat.

setelah diperiksa lebih lanjut ma dokter, ternyata bokap gue menderita penyakit hepatitis.. :(


Hari pertama bokap di rawat

Minta do'a nya ya buat teman-teman semua moga bokap gue cepet sembuh.. Amin.. :)

Tidur dirumah baru..

5:43 AM 1 Comment


Malam ini gue tidur dirumah yg baru dibangun.. Gak ada listrik & gak ada air.. Maklum lah belum jadi.hehe..
Disini ada 4 orang termasuk gue sendiri.. Bingung juga mau ngapain.. Cuma ada lampu chargeran ma lampu pelita(entah apa namanya).. Niatnya sih mau pada maen "pokeran" eh yg ngajakin malah tidur duluan.haha..
Buat buang bete udah aja bikin api unggun.. Kebetulan bgt dsni bnyak bgt sisa kayu bangunan berserakan.. Gue bakar aja.hehe hore anget! :p
Selamat malam para penghuni rumah kosong.. Mari kita bergelap-gelapan.. :D

Yuk ke Pasar BantarGebang, Bekasi

4:25 AM Add Comment

Gara-gara pasar cileungsi kebakaran, terpakasa hari ini gue nganter nyokap belanja ke pasar bantar gebang. huh lumayan lebih jauh jaraknya dari tempat tinggal gue.
padahal cuma mau nyari bendera merah putih dua biji doang...

Ini nyokap gue lagi hunting bendera di pasar Bantar Gebang.. hihihi..


Habis beli bendera kita lanjut beli buah-buahan.. hihi.. nyam.. nyam.. nyam.. :p


Pas mau pulang kehujanan deh... pake kendaraan roda dua langsung tancap gas..wuuuuzzzz....huhuuhu...

udahan ah.. ntar kita lanjut lagi ceritannya.. ini mau dipake kompinya... :)

DAPAT UANG TANPA MODAL CUKUP KLIK DAPAT DOLLAR HINGGA $1000

3:55 AM Add Comment

DAPAT UANG TANPA MODAL CUKUP KLIK DAPAT DOLLAR HINGGA $1000

DAPAT UANG TANPA MODAL CUKUP KLIK DAPAT DOLLAR HINGGA $1000
CUKUP KLIK IKLANNYA DAN DAPAT DOLLAR GRATIS HINGGA $1000 MASUK KE REKENING ANDA VIA PAYPAL.COM. CARANYA : REGISTRASI DULU DAN ISI FORM SAMPAI SELESAI,CARA KLIK IKLAN:
1.LOGIN KETIK USERNAME & PASSWORD ANDA 2.PILIH ADS SURF AKAN MUNCUL CLICK LINK IKLAN
3.KLIK IKLAN TSB MUNCUL WAIT HITUNGAN 10 S/D 0
4.KLIK NOMER SESUAI YG ADA PD KLIK
5.ANDA SDH MENDAPATKAN $1
6.KEMUDIAN DAFTAR DI WWW.PAYPAL.COM UNTUK MENAMPUNG DOLLAR ANDA

silahkan daftar

langkah membuat sekenario film

10:15 AM Add Comment

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana membuat skenario film:

1. IDE CERITA

Film itu sebuah cerita bergambar dan bersuara. Karena sebuah cerita, jadi kamu harus punya cerita yang dianggap menarik untuk difilmkan. Dari mana datangnya ide? Ide banyak. Ada di mana-mana. Tinggal kamu buka lebar-lebar semua indera kamu. Kamu bakal mendengar, merasa, melihat, mengecap, dan mencium ide.

2. SIAPKAN SINOPSISNYA

Sekalipun film dan cerpen atau novel sama-sama sebuah cerita, tetapi ada perbedaan. Perbedaannya pada medium yang digunakan. Seperti disebutkan pada nomor satu, film menggunakan medium gambar dan suara. Sedangkan cerpen dan novel menggunakan medium teks.

Sementara sinopsis sendiri memiliki arti penting dalam pembuatan skenario, yaitu sebagai pijakan. Kita akan kesusahan bikin skenario bila kita tidak tahu sinopsis ceritanya. Akan sama sulitnya kita akan bikin sinopsis bila tidak punya ide cerita.

Bila yang kamu bikin bukan film lepas (FTV/layar lebar), melainkan sinetron, maka selain menyiapkan sinopsis global, kamu juga harus menyiapkan sinopsis per episode yang tentu saja lebih detail dibanding dengan sinopsis global.

3. BIKIN LOGLINE/PREMIS

Logline atau premis bertujuan untuk memperjelas film apa yang kamu buat. Logline sejenis iklan. Logline yang bagus akan menarik orang untuk menonton film yang kita buat. Agar mudah membuat logline, Richard Krevolin memberikan pola kalimat sebagai berikut: bagaimana jika…… dan kemudian……. Contoh: bagaimana jika orang yang kamu siksa adalah orang yang akan menolong kamu dan kamu tidak tahu. Kalimatnya dibikin sederhana menjadi: yang kamu siksa adalah penolongmu yang tidak kamu ketahui.

Untuk lebih jelas tentang logline, kamu bisa melihat cover-cover film. Di sana ada kalimat-kalimat yang menarik. Itulah logline atau premis.

4. TREATMEN

Treatmen ini pembabakan. Sebuah film umumnya tiga babak. Sinopsis itu harus dipecah ke dalam tiga babak ini. Babak pertama sebagai pengenalan seting, tokoh, dan awal masalahnya. Babak kedua sebagai bagian berkecamuknya masalah. Babak ketiga sebagai penyelesaiannya.

Yang tiga babak ini disebut dengan struktur tiga babak (tree acts structure). Ada juga yang disebut struktur sembilan babak (nine acts structure), sebagai pengembangan dari yang tiga babak. Yang sembilan babak ini terdiri dari:

· Babak 1: kejadian buruk menimpa orang lain.

· babak 2: pengenalan tokoh utama (protagonis).

· Babak 3: kejadian buruk menimpa protagonis, atau terlibat/dilibatkan kepada masalah orang lain pada babak 1.

· Babak 4: protagonis dan antagonis

· Babab 5: protagonis berusaha keluar dari masalah

· Babak 6: protagonis salah mengambil jalan

· Babak 7: protagonis mendapat pertolongan

· Babak 8: protagonis berusaha keluar dari masalah lagi

· Babak 9: protagonis dan antagonis berperang, menyelesaikan masalahnya

5. OUTLINE SCENE/SCENE PLOT

Sekarang saatnya membuat outline scene/scene plot. Outline scene/scene plot adalah rencana peristiwa-peristiwa yang akan diambil (disyut). Pembuatan outline scene/scene plot akan mempermudah pembuatan skenario.

Contoh:

1. Lisa pamit kepada orangtuanya untuk pergi ke Jakarta.

2. Arman, pacar Lisa, sedang menyiapkan rencana menculik Lisa.

3. Dst

6. BIKIN SKENARIO!

Ini contoh skenario:

SANG PRABU

Datang Untuk Kembali

Cerita : Yul Andryono

Skenario : Gola Gong

Fade In

Act 1

01. EXT. TAMAN SARI-PAGI (HARI 1)

Pemain: Kepengen, Putri Malaka, Roh Deni

Kepengen memergoki PUTRI MALAKA sedang bersedih hati. Kepengen menanyakan kesedihannya. Putri malaka bermuram durja.

Tanpa mereka sadari, roh deni hadir di sini. Mendengarkan percakapan mereka.

KEPENGAN:

Haiya, kenapa putli owe yang cantik ini belmulam dulja?

ROH DENI:

Haiya, putli sedang sedih. Kasihan… ini salahku juga!

PUTRI MALAKA:

Bagaimana Ay tidak sedih? Sekarang Ay tak punya datang! Gusti Prabu belum nyariin Ay punya dayang! Padahal gengsi seorang putri itu ada pada seorang dayang!

Dialog dan seterusnya….

CUT TO

02. INT. PENDOPO ISTANA – SIANG (HARI 2)

Pemain: Prabu, Putri Malaka, Woro Denok, Putra Mahkota, Selir, Permaesuri, Mahapatih, Para Punggawa, Dayang

Prabu duduk di singgasananya. Permaisuri di sebelahnya. Woro Denok dengan genit duduk sambil memegang Putri Mahkota.

PRABU:

Siang ini sengaja kukumpulkan. Pertemuan ini atas permintaan Putri Bunga Seroja dari Kerjaan Malaka…

Dst

CUT TO

03…………….

04………………….

FADE OUT

Keterangan:

Fade In : Cerita dimulai

Act 1 : Babak 1

01 : Scene 1 (secene [pemandangan]= potongan peristiwa)

EXT : Exterior (peristiwa terjadi di luar), INT=interior

Taman Sari : Lokasi peristiwa

Pagi : Waktu kejadian

Hari 1 : Hari kejadian (untuk membedakan kostum dll)

Pemain: ….. : Pemain yang main pada film

Kepengen…. : Deskripsi peristiwa

Kepengen: Haiya : Dialog

CUT TO : Pemisah antar scene.

Fade Out : Tanda cerita sudah usai

Selain Cut To masih ada turunannya spt: intercut to, disslove to, paralel cut to, dll

PERTANYAAN PENTING

Ada 7 pertanyaan penting yang harus dijawab penulis skenario agar skenarionya bagus. Tujuh pertanyaan itu ialah:

1. Siapa tokoh utamanya?

2. Apa yang diinginkan oleh tokoh utama?

3. Siapa antaginisnya? Apa hal yang menghalangi tercapainya keinginan protagonis?

4. Bagaimana protagonis bisa mencapai keinginannya?

5. Apa pesan yang ingin kamu sampaikan dalam cerita itu?

6. Bagaimana kamu nyeritain cerita itu?

7. Bagaimana perubahan nasib tokoh-tokohnya?

Itulah “prosedur” penulisan skenario film. Lebih jelasnya kamu bisa baca pada buku-buku panduan menulis skenario.

BAHAN REFERENSI BACAAN:

Gola Gong, Menulis Skenario Itu (Lebih) Gampang

Richard Krevolin, Rahasia Sukses Skenario Film Box Office

Sony Set, Jangan Cuma Nonton, Jadilah Penulis Skenario Profesional

Belajar bikin tas unik

11:02 AM Add Comment
Flash Back hari kemarin, minggu 20 feb 2011 cz sekarang udah hari senin pukul 2 pagi boo00ooo!! -ditulisDenganAromaNgantuk-

Seperti biasa gue sore kemaren nongkrong di pos depan rumah. emang hari itu gue ada janji sama 2 orang temen, mereka mau maen kerumah tentunnya dg tujuan yang berbeda.heheh.. tapi ternyata temen gue yang satu lagi gak bisa dateng katannya sih keponakannya pada dateng jadi doi jadi baby sitter... wakahahha..

beberapa jam kemudian datanglah temen gue si penay.. ---partner gue dikampung--- nyamperin gue yang lagi asik duduk ko pos.. kita ngobrol ngalor ngidul apa aja dah di omongin, bla...bla..bla...

nah pas lagi ngobrol gue kaget ternyata jam udah nunjukin pukul 5 sore, udah saatnya gue dines lagi.. maklum hari minggu juga kagak ada liburnya..

gue tinggalin si penay di pos beberapa jam.. pas balik ternyata dia udah baca 1 cerita full dari novel yang gue taro di pos.. berarti gue perginnya terlalu lama ya.. hahha
malemnya gue ajak aja maen ke rumah siOding temen seperjuangan juga dikampung.
udah lama gue gak pernah maen ke rumahnnya semenjak dia pindah lagi ke panangga sama isterinya si non.

sampe di rumah siOdink, gue & penay disuguhin makanan ma minuman --tau aja lo dink kalo kita belum makan- hehehehe..

seperti biasa kita ngobrol-ngobrol aja mengenang kisah masa lalu, gosip, dsb.. :D
tiba-tiba isterinya si Odink datang pulang dari kondangan trus ikutan gabung deh ma kita. gue sama si penay kenal Oding & isterinya udah lama sebelum mereka maried pun udah kenal.. nah kita ngumpul deh itung-itung reunian temen sepermainan. <--maksudnya apa coba?? :p

pas kita lagi ngobrol sambil ketawa-ketawa, isterinya temen gue langsung masuk rumah ternyata ngambil sesuatu. mau tau gak sesuatunya apa?
yaitu sebuah kerajinan tangan, dia lagi bikin tas unik :D
jahitnya juga secara manual!! penasaran gue ma penay mau nyoba bikin ternyata unik juga ya.. salute deh buat Foundernya..hehhe..

bentar-bentar.... kayaknya gue tambah ngantuk nih temen-temen, sepertinnya sudah saatnya tidur.. nih ngetik juga asal ketik aja.. hhe..
udahan dulu ya...
good night, eh good morning & met bobo :)

Dari 21 Cibubur Junction, Karnos Film, sampai ke China

12:00 AM 2 Comments
Udara panas gak menyurutkan niat gue buat nonton di cibubur junction, udah lama gue gak nonoton. mau nyari rental juga susah disini mah gak kayak waktu gue tinggal di jogja, boleh di bilang jogja adalah surgannya film buat gue.. hehehe..
makan selesai, mandi selesai cabut dah!!!
sampe cibubur junction gue langsung menuju ke lantai paling atas. pas gue liat, Oh my God!!!! dalam hati kecil gue nyeletuk.. kok masih ada aja ya yang doyan nonton film horor indonesia??? emang yang di liat apannya c? pasti gak jauh sama adegan mesum-mesuman deh??
gue liatin satu persatu jadwal maen studio 21 cibubur, ternyata gak ada film yang pengen gue tonton..hiks.. :(
gue gak tau disitu emang udah kagak maen atau emang belum dapet jatah buat nayangin noh film.. huh.. gak jadi deh gue nonton.. huh!!
tak apalah next time aja deh nunggu ada film yg meenarik.. hehe
gue langsung cabut kelantai bawah, keliling sambil nyari sesuatu yg emang udah gue rencanain mau di beli jauh-jauh hari...
pas udah nyampe toko nya, eh ada cewek penjaga toko nyapa gue ramah banget, ternyata dia liat logo sweater yang gue pake disitu ada tulisan salah satu aplikasi untuk chatting. dia mengaku user juga di applikasi itu... hahahah.. nyambunglah gue ngobrol-ngobrol seputaran dunia online.. trus datang ke dua temennya juga malah pada ngajakin ngobrol gitu deh.. lumayan deh buat ngobatin kekesalan gue gara-gara gak jadi nonton.. :D

habis ngobrol cuap-cuap gue langsung cabut pulang, niatnnya sih langsung kerumah tapi gue liat Karnos Film dari arah sebelah, gue muter balik aja kendaraan gue.. masuk deh mampir ke Karnos Film, ngobrol-ngobrol ma orang-orang yang ada di sekitaran Puri Karnos termasuk juga sama tukang tape/peuyeum sambil makan peuyeumnya :D
gedung Karnos Film gede juga ya, gak kayak gedung PH lainnya yg pernah gue kunjungi. maklum aja Karnos Film buka semacam sekolah Film gitu deh.. tapi gue nyesel belum sempet foto gedungnya..hiks :(
sekedar buat gambaran aja nih gue ambil dari web nya Karnos Film:

ini tampilan kalo dari atas.. next time kalo sempet gue poto langsung ya gedungnya.. :P
selesai dari Karnos Film gue langsung pulang, tiba-tiba hape gue bergetar di saku, maklum sengaja gue silent... ternyata!!! sms dari kakak gue... gue lupa doi titip pulsa sebelum berangkat... "haduh sorry ceu poho euy.. :D"
sambil perjalanan pulang gue mampir ke counter pulsa langganan gue, pas udah di counter ada orang raut wajahnnya kebingungan. dia ternyata berniat mau service hape dia, tapi si penjaga counter keberatan nerimannya dengan dua alasan.. mau tau gak alasannya apa???
alasan yang pertama:
"Maaf pak hape bapak masih garansi, jadi kami gak berani buka bagian dalamnya soalnya bisa menghanguskan jatah garansi bapak" <--alasan yang masuk akal & wajar cz dia cuma counter biasa. alasan yang kedua: "Maaf pak, hape bapak merek china, jadi susah nyari onderdilnya harus kepusat langsung, susahnnya hape china gitu malah repot pak" <---mau tau gak siapa penjaga counter itu?? siapa lagi kalo bukan orang china :p hahahah.. dalam hati gue tertawa sambil ngegerutu "nih orang kagak sadar apa kalo dia sendiri orang china?? hahahaha.. aduh gak tahan gue nahan ketawa.. :p Nah kalo gini siapa donk yang harus di salahkan? ini akibat perdagangan bebas? menurut gue sangat di sayangkan individu yang membeli itu hape.. kasian juga ketipu dengan iming-iming hape canggih tapi murah<--lagi rame di indonesia akibat perdagangan global :p

MURAH tapi KUALITASnya???



bukannya sok menggurui tapi share aja, belajarlah selektif dalam memilih sesuatu. walau gak canggih tapi harga agak mahal dikit(dikelasnya) kan lebih baik untuk jangka panjang? daripd canggih, murah, tapi gak awet?? ya kalo mau yang lebih canggih ya sabarlah, nabung dulu...
tapi semua kembali ke diri masing masih sih... bebas kok.. hehhehe...
udah dulu ya cerita untuk hari ini... ntar kita sambung lagi deh..

i'm sorry mom

8:50 PM Add Comment
kita mulai dari awal lagi deh nulis di blog, ini catatan kecil gue.
Bagi gue, pagi yang buruk untuk hari ini, bayangin aja bangun tidur langsung kena marah si mamah gara-gara gue nolak nganter nyokap ke pasar buat belanja sayuran (gara-gara masih ngantuk, maklum baru bisa tidur jam 4 pagi tadi). ya itulah mamah, orang yang gue sayangi, tegas, dan selalu ingin bergerak cepat. sosok yang sangat berperan dalam kehidupan gue. gue sendiri sadar kalo gue yang salah. gara-gara gue semua orang di rumah kena sasaran kemarahan si mamah, maaf yah mah.. hiks..
tapi tak apalah esok hari gue usahain bengun pagi tepat waktu.. hehehe.. :)

Popular