Keutamaan Ilmu, Keutamaan Ahli Ilmu, Keutamaan Mengajarkan Ilmu dan Mempelajari Ilmu.

7:07 AM Add Comment

Kunci Kemuliaan Seorang Muslim


Keutamaan Ilmu, Keutamaan Ahli Ilmu, Keutamaan Mengajarkan Ilmu dan Mempelajari Ilmu

BAB 1 
Keutamaan ilmu, keutamaan ahli ilmu, keutamaan mengajarkan ilmu dan mempelajari ilmu..

Ilmu adalah pondasi agama kita. Barang siapa tidak memiliki pondasi tidak akan mencapai tujuan.
kalo mau kuat, ya harus kuat basic/pondasinya. 

Mengapa harus tahu keutamaan ilmu?

1. Agar ilmu kita berkah
Nasehat ulama: "barangsiapa tidak memuliakan ilmu maka ilmu tidak akan memuliakannya" 
Bagaimana bisa kita memuliakan ilmu bila kita tidak tau kedudukan ilmu tersebut??!!

2. Untuk memotivasi kita agar kita punya adab dihadapan ilmu dan para ulama. 
Ilmu itu indah dan ilmu tidak bisa didapat kecuali untuk orang-orang yg bermain cantik dalam mendapatkan ilmu tersebut.
Kita harus tau keutaamaan dan kedudukan ilmu itu sendiri. 

3. Agar kita semangat dekat dengan ilmu, semangat dekat dengan para ulama karena manusia bertindak/bersikap menggunakan asas keuntungan. Untungnya apa buat saya? Jika merugikan, ia tidak akan tertarik. Itu manusiawi.
Maka dari itu Allah ta'ala menjelaskan keutungan (keutamaan/fadilah) sholat, keutungan zakat, keutungan puasa, dan lain sebagainya...
Sehingga ilmu tentang keuntungan itu penting.
menuntut ilmu itu bukan aktivitas mudah, butuh perjuangan. Agar kita istiqomah, kita harus belajar mengenai keutamaan-keutamaan ilmu. 


Surat Al-Mujadilah Ayat 11



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ


Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mujadilah:11).

Pada surah Al-Mujadilah ayat 11 diatas memiliki pelajaran:
Menjelaskan bahwa Allah ta'ala akan mengangkat orang beriman dan orang berilmu beberapa derajat didunia dan diakhirat.

Jadi apabila kita ingin diangkat derajatnya oleh Allah ta'ala, kuncinya adalah iman dan ilmu
(kunci kemuliaan: iman dan ilmu).

Ibnu Qoyyim berkata "ilmu akan mengangkat seseorang didunia dan di akhirat

Sedangkan kekuatan harta hanya dapat mengangkat didunia saja
Barangsiapa yang ingin diangkat derajatnya didunia dan diakherat maka belajarlah. 

Ada salahsatu ulama pernah dinasehati ibunya, ia memiliki kekurangan fisik (cacat). 
Ibu itu berkata pada anaknya

"Nak, sungguh seandainya engkau berkumpul dalam suatu kelompok, komunitas, tempat nongkrong, atau apapun tempat berkumpulnya orang banyak, niscaya engkau tidak lain akan menjadi bahan ejekan (olok-olok) orang-orang, karena kekurangan fisikmu...." 

Ibu yg memiliki asam garam kehidupan itu dengan bersungguh-sungguh berkata kepada anaknya.. 
Lalu melanjutkan lagi perkataannya..

".....kecuali satu, engkau belajar ilmu agama, karena itu adalah satu-satunya jalan untuk mengangkatmu..."
Dan akhirnya anak itu belajar agama dan hingga ia menjadi alim ulama dan menjadi salah satu hakim di mekkah, selama hidupnya ia tidak pernah mengalami kesulitan apalagi dihina oleh orang lain... Allah ta'ala telah mengangkat derajatnya karena ia orang berilmu...

(Catatan: saya lupa namanya)

barangsiapa yang ingin diangkat derajatnya didunia dan diakhirat, maka belajarlah. Semakin tinggi ilmu kita, Allah ta'ala akan mengangkat derajat kita semakin tinggi kedudukannya.

Jadi mulai sekarang ketuklah langit, minta sama Allah ta'ala kemuliaan didunia dan diakhirat.

Karakter anak muda itu pengen diakui/eksis. Pengen panggung tapi tidak tau cara yang berkelas. 
Pada jaman sahabat tidak perlu cari muka, jika ia mempunyai ilmu maka ia mempunyai keutamaan.
Ada anak muda (kecil) ngumpul sama alumni perang badar. Pemuda itu dilibatkan di majelis orang-orang senior perang badr. Sampai ada yg bertanya kepada Umar atau Abu Bakar (saya lupa umar atau abu bakar)

"Wahai amirul mukminin, kenapa engkau mendudukan anak kecil (pemuda) ini bersama kami?" 

Setelah itu Umar/Abu Bakar ra, bertanya kepada mereka salah satu kandungan ayat al quran dan para sahabat senior badr menjawab dg jawaban mereka.. 
Setelah itu umar/abu bakar bertanya ke pemuda (anak kecil) yg duduk bersama mereka (alumni badr) maka anak itu menjawab dg jawaban yang berbeda tentang makna kandungan dari ayat al quran tersebut. 
Lalu umar/abu bakar berkata 

"apa yang ia ketahui, sama dengan apa yang saya ketahui dan pahami terhadap ayat tersebut, maka dari itulah aku menyuruhnya duduk disini" 

Dari sepenggal kisah diatas kita bisa mengambil pelajaran bahwa orang yg berilmu mempunyai keutaamaan sendiri, bahkan bisa duduk bersama alumni perang badr karena ia memiliki ilmu walau masih muda (kecil).

Kalo pengen diakui ya harus berilmu, terutama diakui oleh Allah ta'ala.

Didalam kitab yang ditulis Ibnu Jawzi, ia pernah berkata kepada anaknya: "aku jual 2 rumah untuk modalku belajar, belajar, belajar ilmu sampai tidak punya uang sepeserpun. Bapakmu ini gak pernah terhina selama belajar ilmu agama, bapakmu tidak pernah minta-minta sama orang. Dan hidup bapakmu ini lempeng/lurus saja"
Ini salahsatu pengorbanan seorang penuntut ilmu hingga ibnu jawzi bisa menulis beberapa kitab yang sampai saat ini bisa menjadi bahan pelajaran bagi umat islam. 

Adapun yang perlu diperhatikan sebelum menuntut ilmu adalah:
1.niatkan karena Allah ta'ala
2.konten yang dipelajari benar (Qolallah qola rosul)
3.cara penyampaian benar
4.efeknya positif


Rangkuman kajian "ingin mulia?" 
Ust Nuzul dzikri, 
Sabtu,12 Januari 2018 di Masjid Nurul Iman, Blok-M Square.


Demikian sedikit catatan/rangkuman. Mohon maaf atas kekurangannya. Semoga bermanfaat.


Note: catatatn ini adalah catatan pribadi penulis saat kajian, jadi tulisan dari sudut pemahaman penulis. hanya untuk penulis. supaya tidak ada kesalahan silahkan simak sendiri kajian aslinya di youtube. nanti akan saya tambahkan jika sudah di upload. 

10 Hal yang Tidak Bermanfaat Menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah

1:09 PM Add Comment



10 Hal yang tidak bermanfaat menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah dalam kitab Fawaidul Fawaid:


tidak bermanfaat di dunia fana

  1. Ilmu yang tidak diamalkan.
  2. Amal yang tidak ikhlas dan tidak mengikuti contoh Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wassalam.
  3. Harta yang tidak di infak kan.
  4. Hati yang kosong dari kecintaan Allah Ta'ala, kerinduan kepada-Nya, dan kenyamanan ketika berada di dekatnya. 
  5. Badan yang tidak digunakan untuk taat kepada Allah Ta'ala dan juga untuk ibadah kepada-Nya
  6. Cinta yang tidak terkait dengan keridhaan Allah Ta'ala dan tidak terkait dengan pelaksanaan perintah-perintah Nya.
  7. Waktu yang tidak digunakan untuk mengejar amal-amal yang terluput dimasa lalu atau tidak digunakan untuk berbuat baik dan beramal shaleh yang dapat mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala.
  8. Pikiran yang menerawang untuk hal yang sia-sia yang tidak ada manfaatnya.
  9. Membantu orang yang tidak dapat mendekatkan dirimu kepada Allah Ta'ala dan tidak pula tidak bermanfaat bagimu untuk kepentingan duniamu.
  10. Takut dan berharap kepada mahluk yang ubun-ubunnya berada ditangan Allah Ta'ala dan tertawan dalam genggaman-Nya, yang tidak kuasa menolak bahaya atas dirinya, tidak pula memberikan manfaat, tidak berkuasa mematikan, menghidupkan, serta tidak kuasa pula membangkitkan manusia di akherat.
Itulah 10 poin mengenai hal yang tidak bermanfaat menurut Ibnu Qoyyim dalam kitabnya fawaidul fawaid. Untuk lebih detail pembahasannya silahkan baca Penjelasan 10 Hal yang tidak bermanfaat menurut Ibnu Qoyyim

Jangan Mudah Berjanji, Jika Tidak Bisa Menepati

6:01 AM Add Comment
Sebenernya tidak mau menceritakan hal yang sepele ini, tapi walau sepele menurut saya imbasnya cukup besar. Jadi malam kemarin saya mendapat telepon dari service center salah satu provider jaringan internet. karena adanya laporan gangguan jaringan dan ada kemungkinan terjadi kerusakan diperalatan internet dari saya. akhirnya penyedia layanan internet memberikan tugas ke salah satu teknisinya untuk mengecek langsung ke rumah saya. Malam itu ia menelepon dan berjanji akan datang esok pagi, padahal esok hari saya ada acara keluarga dan akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan acara keluarga dan menunggu di rumah yang kebetulan adalah hari libur. 

Menepati Janji


Keesokan harinya saya mengirim pesan melalui pesan singkat ke teknisi yang semalam menelepon saya. Mungkin sekitar pukul 08:30. tapi tidak ada respon sama sekali dari teknisi tersebut. saya bersabar menunggu hingga menjelang dzuhur, tetap tidak ada kabar sama sekali, saya tetap berusaha bersabar dan menunggu sampai selesai sholat ashar ternyata teknisi tersebut belum ada kabar juga.  Padahal pesan singkat yang saya kirim melalui whatsapp (WA) sudah terbaca namun tidak ia balas. Setelah itu akhirnya ia membalas dan meminta maaf karena ia tidak sempat untuk ke rumah saya. Masya Allah.. Terlepas dari kesibukan apapun ia, kenapa baru sore hari ia membalas pesan singkat saya? bukankah ia berjanji akan ke rumah pada pagi hari? ini bukan waktu kedua kalinya teknisi tersebut melakukannya. sebelumnya pun begitu (pada awal pemasangan), ia yang dulu pasang koneksi internet di rumah kami. kebiasaan janji karet ini kadang kala dianggap biasa oleh orang-orang. Padahal kita tidak tahu bahwa orang yang kita janjikanpun juga ada keperluan/kegiatan yang mungkin ia korbankan. Parahnya lagi janji pun tinggal janji. hmm...  

Mudah sekali seseorang dalam berjanji, kadangkala tak sebanding dengan kenyataan. Kita merasa mampu untuk menepati suatu janji tanpa berpikir terlebih dahulu, seperti memudahkan dalam mengucapkan sebuah janji kepada seseorang, padahal perlu kita ingat bahwa manusia adalah mahluk yang lemah (dhoif) yang tidak mempunyai kekuatan atau kemampuan dalam menepati janji tanpa ijin Allah Ta'ala. Tentu saja hal ini bukan berarti kita tidak boleh berjanji, hanya saja jangan mempermudah atau menggampangkan diri kita untuk berjanji kepada orang lain.

Dan perlu digaris bawahi bahwa hati-hatilah jika kita berjanji. Janji bagaikan sebuah hutang yang tentu saja harus ditepati. maka dari situ janganlah mudah berjanji. orang yang sering berjanji dan selalu mengingkarinya maka orang ini bisa terancam tergolong orang munafik. sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengenai ciri-ciri orang munafik;

"Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga. jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat." (HR Bukhari).

Dan perlu diingat bahwa hukuman berat yang akan diterima oleh orang munafik adalah dimasukan di kerak neraka (neraka paling bawah) . Sebagaimana telah Allah Ta'ala abadikan didalam Al-Qur'an:

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الأسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا (١٤٥)

Artinya : Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka. (QS. An-Nisaa 145) 

Setelah kita mengetahui bagaimana resikonya orang yang sering berkhianat dalam menepati janji, masihkah kita mau menungumbar-ngumbar janji kepada orang lain? masihkah kita mau dengan mudah berjanji sedangkan hati kita enggan untuk menepati janji tersebut? berpikirlah sebelum menyesal dikemudian hari. 

Saya berharap kita bisa mengambil pelajaran dari apa yang saya alami diatas. minimal tidak melakukan hal yang serupa kerutama dalam mengumbar-ngumbar janji. Ini adalah untuk peringatan bagi saya pribadi agar berhati-hati ketika berjanji. Semoga kita semua bisa benar-benar bisa menepati janji yang pernah kita ikrarkan dan tidak mudah mungumbar-ngumbar janji. Semoga Allah Ta'ala memberi pertolongan dan perlindungan kepada kita semua. aamiin...

Kenapa Laki-Laki Bisa Melahirkan?

9:47 AM 1 Comment

Mungkin ketika kita membaca judul Kenapa Laki-Laki Bisa Melahirkan?
Akan terlintas dibenak kita sesuatu yang mustahil dan aneh. Tentu saja hal ini memang aneh jika benar-benar terjadi, karna sudah menyalahi takdir Sang Pencipta, walaupun bisa saja terjadi karena Sang Pencipta yaitu Allah Ta'ala bisa dengan mudah melakukan apapun sesuai kehendak-Nya.

Tapi sebetulnya bukan itu, makna dari melahirkan disini adalah melahirkan sebuah tulisan. Dimana tulisan yang sudah kita tulis bisa dimuat/publish dalam sebuah media baik itu online maupun offline.. Berikut beberapa contoh tulisan saya yang dimuat disebuah media online.. berupa artikel berita.. bukan merupakan artikel yang bagus namun saya senang karena dimuat atau diterbitkan di sebuah website. ini berarti tulisan saya masih diakui dan diapresiasi.. hehe



Artikel 1:
juga dimuat di:

Artikel 2:


(tulisan saya akhiri dengan inisial "WPS")

Itulah beberapa contoh kelahiran tulisan artikel sederhana dari saya. tidak bermaksud untuk membanggakan diri, hanya saja sebagai motivasi untuk diri sendiri dan teman-teman semua agar terus bersemangat untuk menulis.. tulis.. tulis.. dan tulis... dan jangan lupa membaca karna penulis yang baik adalah pembaca yang baik pula....

Yuk melahirkan tulisan.. agar kita bisa dikenang sepanjang masa...

#AyoNulis #JanganBosanNulis #TulisTerus #TerusNulis

Seonggok Daging Penuh Noda

2:42 PM Add Comment
Disebuah ruangan 3x4 meter, aku termenung menyesali apa yang pernah ku perbuat. Kali ini aku menuangkannya kedalam bentuk tulisan melalui blog ini. Sebuah penyesalan yang berkali-kali hinggap kedalam relung hati. Ada ketakutan-ketakutan yang aku rasakan. Sungguh, aku takut sekali jika Sang Pemilik mengambilku saat ini, saat dimana dalam keadaan yang tidak baik. Berkali-kali aku berdoa dan menyesal, Aku sangat tidak ingin jika aku meregang dalam keadaan seperti yang saya rasakan malam ini. Kelakuan-kelakuan yang tidak pantas dimata siapapun,  apalagi di hadapan Sang Pencipta. 

Menyesal


Sungguh gumpalan daging yang di beri nyawa dan tulang belulang ini sering kali bahkan berulang kali melakukan dosa. Seonggok daging yang penuh noda. Pandai sekali melakukan dosa. Punya rasa takut namun terus dan berulang kali melakukan dosa yang tidak pantas. Astagfirullah... 

Wajarkah jika seonggok daging yang diberi nyawa dan tulang belulang ini memohon kepada Penciptanya agar bisa dikembalikan dalam keadaan baik? 

Astagfirullahaladzhim,...
Susah sekali meredam godaan yang ada didunia ini. Urusan dunia seolah sangat menyibukanku. Aku benci ini. 

Dengan tidak bermaksud berburuk sangka, terlintas pertanyaan bodoh, kenapa Sang Pencipta tidak menciptakan ku sebagai Malaikat saja? Yang hanya memiliki pilihan untuk benar-benar mengabdi kepada –Nya tanpa harus menjalani segala hal lika-liku kehidupan dunia? Tanpa memiliki hawa nafsu, Yang mungkin sudah pasti masuk Surga tanpa harus bersusah payah sebagai penghuni Bumi? Pantaskah aku bertanya demikian? Apakah benar sebagai makhuk ciptaan-Nya, sekarang ini sebagai mahluk yang paling sempurna dibandingkan dengan mahluk ciptaan-Nya yang lain (termasuk malaikat)?.

Bagaimana jika dulu, Iblis mau bersujud didepan leluhurku dan mau mengakui bahwa leluhurku adalah mahluk yang paling sempurna? Apa jadinya jika Iblis tidak menyombongkan diri karna merasa lebih mulia? Merasa dirinya lebih baik dari mahluk yang di ciptakan dari tanah?

Hai orang-orang sombong, apakah diriku termasuk orang-orang sombong?  Jika iya, tolonglah tiadakan kesombonganku. Kesombongan yang bisa menjeratkan kedalam bara api yang sangat panas. Yang bisa membuat badanku hancur tidak berbentuk karena sudah menjadi bahan bakar darinya. 

Ya Allah, tolong beri saya jalan kemudahan, tolong beri keluargaku kemudahan terutama dalam menjalani semua ini. Lika-liku kehidupan yang sangat menyibukan kami, 

Beri kami selalu petunjuk –Mu. Beri kami kekuatan dan kesabaran hingga pada saatnya kami menghadapmu dalam keadaan bersih, ampuni segala dosa-dosa kami, dosa orang tua kami, dosa kakak dan adik, dosa saudara-saudara muslim baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Ampuni dosa Bapak ku yang sudah mendahului kami, Bapak yang lebih dulu menunggu di sebuah lobang kubur. Ya Allah, lapangkan kubur Bapak kami, beri cahaya, dan jadikanlah kuburnya sebagai taman dari taman surga-Mu hingga datangnya hari kiamat dan hari kebangkitan. Pertemukan kami sekeluarga kelak di Surga Firdaus. Masukanlah kami kedalam golongan pengikut Rasulullah Muhammad SAW.  

Ya Allah, aku mohon, wafatkan kami dalam keadaan bersih, dalam keadaan sedang menjalankan ketaatan kepadamu, husnul khatimah.. Aamiin..

Tempat Makan di atas Gerbong Kereta Api Indonesia

6:22 AM 6 Comments
Kereta api merupakan kendaraan yang menurut saya paling ontime dan paling nyaman dibandingkan angkutan transportasi darat lainnya. Kereta api memiliki jalur sendiri berupa rel, hal ini membuat kereta api tidak bisa terkena macet. Jadi selama tidak terjadi gangguan atau hambatan, pastilah kita akan bisa memperkirakan waktu saat bepergian keluar kota. Jadwal yang ontime, kadang-kadang menjadikan kita terburu-buru ketika pergi ke stasiun kereta api, saking buru-burunya bisa membuat kita lupa ternyata kita belum sempat makan siang. Nah cukup mereptkan bukan? apalagi saat perut kita keroncongan ditambah AC dalam kereta api yang lumayan dingin (nggak digin-dingin amat sih). Udara yang dingin bikin kita bisa masuk angin apalagi dalam keadaan perut kosong. Mungkin bagi yang sering naik kereta api bisa tahu cara mengatasinya, dengan datang ke gerbong kereta api. Tapi bagi yang belum tahu tentu saja hal ini sangat merepotkan. 




Sedikit cerita kenapa saya menulis tempat makan di gerbong kereta api Indonesia ini, karena saat ini saya sedang berada di atas gerbong kereta api krakatau yang berjalan, berangkat siang hari pukul 13:00 WIB dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Kediri. Jadi sore tadi saya merasakan perut keroncongan, menjelang Maghrib perut semakin keroncongan, biasanya memang ada petugas kereta api yang keliling menjajakan makanan berupa nasi goreng, nasi rames, pop mie, dan sebagainya. Tapi apa daya saya tidak bisa menunggu karena perut saya memang belum diisi, ditambah AC yang semakin lama semakin terasa dingin. Akhirnya saya berniat untuk pergi ke gerbong pantry dengan niat mencari makan. Saat ini saya duduk di gerbong kereta nomer 2. Walaupun sudah beberapa kali saya naik kereta api namun saya benar-benar lupa dimana letak pantry kereta apinya. Karena malu jika bertanya ke penumpang lain, saya mencoba mencarinya sendiri lewat browsing infonya di google hanya untuk mencari "dimana letak pantry kereta api" , "dimana tempat makan di kereta api" , "dimana letak gerbong pantry", "dimana tempat makan kereta api" tapi artikel yang saya temukan rata-rata mengulas tentang kereta api itu sendiri, sedangkan yang saya cari hanya dimana keberadaan pantry? Digerbong berapa kah? Karena merasa sia-sia akhirnya saya iseng saja berdiri dan pergi mencari pantry tersebut. Sambil perut keroncongan saya berjalan sendirian menuju gerbong 3, di gerbong ini saya berpapasan dengan petugas kereta api yang mendorong-dorong trolinya sambil menawarkan makanan yang saya tunggu-tunggu, namun karena sudah terlanjur berdiri akhirnya saya tetap melanjutkan ke gerbong 4, terlihat banyak sekali penumpang anak sekolah di gerbong ini. Walaupun tidak terlihat memakai seragam namun terlihat dari cara mereka berbicara dan dari postur tubuh mereka. Setelah melewati gerbong kereta api ke 4 dari Kereta Api Krakatau saya masuk ke Gerbong kereta api ke 5 dan disinilah letak pantry yang menjual makanan seperti nasi goreng, nasi rames, pop mie, nasi telur, kopi hitam, roti, minuman mineral dan lain sebagainya. Betapa senang dan bergembiranya perut saya yang menemukan kekasihnya.hehe



Dengan duduk manis 
sendirian saya di tawari 
beberapa menu oleh petugas kereta api yang jaga di pantry ini. Inilah tempat makan favorit saya ketika di kereta api. Saya lebih suka makan di pantry dibanding di tempat duduk saya (tempat duduk penumpang), karena bisa mambuat saya tenang sambil menikmati hidangan yang ada, kita bisa langsung memesan kembali apabila merasa kurang atau ingin sekedar memesan kopi hitam. Saya menikmati perjalanan sendirian menuju Kediri. Terlihat disisi jendela suasana persawahan yang membuat suasana semakin tenang.

Sekian selintas info dari saya semoga bisa membantu temen-temen yang memang belum tahu dimana letak tempat makan di kereta api. Hehe maaf infonya cuma segini. Saya cuma ingin berbagi sedikit supaya yang lain tidak bernasib sama seperti saya, kelaparan di kereta api.hehe



Ditulis diatas kereta api Krakatau menuju Kediri tanggal 7 Januari 2017

Liburan Sederhana dan Murah - Penghujung Tahun 2016 Menuju Tahun Baru 2017

12:49 PM 17 Comments
Beberapa waktu lalu, tepatnya dua hari sebelum tahun baru 2017, saya berkunjung ke rumah teman yang sudah kenal sejak jaman kuliah di Jogja. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 2-3 jam. Ini pertama kali saya main kerumahnya yang berada di daerah Cikarang Utara yaitu di Cabangbungin. Letaknya cukup jauh, berada disebuah perbatasan antara Cikarang dengan Karawang. Rumahnya dekat dengan Sungai Citarum dan berada di antara area persawahan. Niat awal menginap di rumahnya memang ingin sekalian berlibur sederhana dan murah. Mengingat teman-teman lainnya berlibur ketempat-tempat mainstream seperti ke Bandung dan Jogja, sementara saya berlibur ke Cikarang, kesebuah desa yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Rupanya niat saya disambut dengan baik oleh teman saya yang bernama Roy ini.


Liburan Sederhana dan Murah - Penghujung Tahun 2016 Menuju Tahun Baru 2017
Foto di Tanah Kering Sekitar Empang

Perjalanan yang cukup jauh membuat saya cukup kelelahan, setelah sampai rumah, saya langsung di ajak makan sayur sop dan juga makan pempek yang dibuat sedemikian rupa sampai membentuk sebuah hidangan yang enak dan menarik. Saya tinggal disebuah rumah yang dihuni oleh dua orang yaitu Roy dan Ibu nya. Saya senang mereka menerima saya dan menyambut saya dengan baik. Walau saya tahu saat itu kondisi Ibu nya Roy sedang sakit, tapi mereka berusaha memulia kan tamu. Saya merasa nggak enak hati karena sudah merepotkan keluarga yang baik ini. Semoga Allah SWT membalas kebaikannya..


Cikarang - Bekasi
Halaman Depan Rumah

Resolusi Tahun 2017
Sinar Matahari Pagi Selalu Menghangatkan Sampai Kedalam Kamar

Popular